Ternyata Bahan Dapur Ini Bisa untuk Mengawetkan Masakan Lho!

- 27 September 2020, 12:45 WIB
ILUSTRASI bawang bombai.*
ILUSTRASI bawang bombai.* /Pexels/Markus Spiske/Pexels

PRFMNEWS - Setiap orang pasti ingin makanan yang dimasaknya tahan lama dan tidak cepat basi. Sebagian dari mereka tak jarang memakai bahan sintesis yang mengandung zat kimia untuk mengawetkan makannya.

Keberadaan bahan sintetis yang dipakai untuk mengawetkan makanan tentu memiliki efek samping untuk kesehatan. Namun tahukan kamu tenyata ada lho bumbu dapur yang bisa dipakai untuk mengawetkan makanan secara alami.

Seperti dikutip prfmnews.id dari NDTV Food, berikut ini beberapa bumbu dapur yang mampu membuat makanan tahan lama.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Akhirnya Joji Rilis Album Baru Berjudul ‘Nectar’

  1. Bawang Putih

Memiliki sifat anti baketri, bawang putih ini cocok untuk dijadikan pengawet  makanan alami. Selain membuat makanan tahan lama, bawang putih juga dapat membantu membunuh bakteri berbahaya dan menjaga makanan agar tetap segar.

  1. Garam

Garam dari dulu diklaim menjadi pengawet makanan alami. Garam ini hampir dipakai disemua jenis masakan. Bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini dapat membantu mengawetkan makanan dengan cara yang lebih sehat.

  1. Bahan Pedas

Bahan pedas diketahui dapat membantu melawan bakteri yang menyerang makanan dan menjaga tetap segar dalam waktu yang cukup lama. Jadi tak ada salahnya kamu menambahkan bahan pedas, seperti cabai, suas pedas dan mustar di makananmu untuk membantu proses pengawetan.

Baca Juga: Cari Kontak Kapolsek Tegal Selatan, Ganjar Pranowo Ingin Sampaikan Rasa Simpati Atas Pencopotannya

  1. Lemon

Lemon memiliki asam sitrat yang baik untuk pengawet makanan alami. Selain itu, kulit dan buah lemon juga dapat digunakan untuk mencegah makanan agar tidak cepat membusuk.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x