Berikut Dampak Tidur dengan Lampu Menyala, Salah-Satunya Bisa Bikin Depresi dan Kegemukan

- 27 September 2020, 10:05 WIB
Cahaya kamar yang kurang gelap ternyata jadi salah satu penyebab susah tidur.*
Cahaya kamar yang kurang gelap ternyata jadi salah satu penyebab susah tidur.* /pixabay

PRFMNEWS - Tidur menjadi waktu untuk badan dan pikiran beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Oleh karena diperlukan tidur yang nyenyak, agar keesokannya harinya diri siap menjalani hari.

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang terbiasa tidur dengan lampu yang dimatikan, adapula yang terbiasa tidur dengan lampu menyala.

Untuk kamu yang terbiasa tidur dengan lampu menyala, berikut beberapa efek samping yang harus perhatikan sebagaimana dikutip prfmnews.id dari Healthline.

Baca Juga: Wow! Lewati Raihan Blackpink, Video ‘Dynamite’ BTS Raih MV K-pop Tercepat yang Capai 400 Juta Views

  1. Mempengaruhi Kerja Otak

Paparan cahaya dari lampu saat tidur dapat membuat otak terus bekerja. Ini pun mengakibatkan kita jadi sulit untuk tidur nyenyak dan mengurangi kerja otak karena kurang waktu istirahat.

  1. Depresi

Blue light dari barang elektronik dapat mempengaruhi mood seseorang. Ketika orang tertidur ditemani cahaya lampu maupun cahaya barang elektronik dapat mempengaruhi mood seseorang di hari saat ia terbangun. Diantaranya kemurungan, mudah tersinggung bahkan depresi.

Baca Juga: Hari Ini Trans 7 Tayangkan Bapau Hingga MotoGP, Berikut Jadwal Lengkapnya

  1. Kegemukan

Studi Trusted Source menunjukan bahwa semakin sedikit orang tidur atau istirahat, maka semakin banyak makanan yang dimakan di keesokan harinya. Tentu ini dapat berpengaruh bagi berat badan, karena banyaknya makanan yang dimakan.

  1. Kecelakaan

Ketika tidur tidak nyenyak akibat gangguan dari paparan cahaya lampu, ini dapat memicu terjadinya kecelakaan. Sebab, tingkat kewaspaadaan dan fokus seseorang terganggu. Hal ini tentu berbahaya bagi mereka yang mengendarai kendaraan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x