Banyak Digemari, Makanan ini Justru Paling Disukai Sel Kanker, dr Zaidul Akbar Sarankan untuk Dibatasi

- 17 Januari 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi kanker.
Ilustrasi kanker. /pixabay/PDPics

PRFMNEWS – Kanker adalah kelompok penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dan berpotensi menyebar ke bagian tubuh lain. Penyakit ini dapat mempengaruhi hampir setiap bagian dari tubuh manusia dan memiliki banyak jenis dan subjenis.

Asupan makanan yang tidak dikontrol bisa menjadi salah satu penyebab sel kanker tumbuh dan menyerang bagian tubuh manusia. Maka penting kita mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan yang perlu dihindari atau dibatasi.

Dokter Zaidul Akbar memaparkan sejumlah makanan yang perlu dihindari atau dibatasi guna mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Praktisi kesehatan herbal itu juga berbagi informasi mengenai makanan yang baik dikonsumsi khususnya sumber protein untuk membuat sel kanker ‘kelaparan’.

Nyatanya, makanan yang paling disukai sel kanker dan membuat pertumbuhannya semakin cepat dalam tubuh manusia sebagian besar merupakan kategori makanan yang relatif banyak digandrungi oleh masyarakat. Tanpa disadari, makanan-makanan ini bisa memicu sel kanker semakin tumbuh ‘subur’.

Baca Juga: Sel Kanker Menyebar, Vidi Aldiano: Sakit Kayak Ada yang Nusuk

Kata dr. Zaidul Akbar, makanan yang wajib dihindari atau dibatasi agar sel kanker ‘kelaparan’ dan tidak cepat tumbuh adalah kategori makanan dengan kandungan tinggi kalori, tinggi gula, maupun tinggi lemak. Serta makanan yang dibuat dari bahan-bahan tidak alami/buatan (sintetik).

“Makanan yang tinggi kalori atau tinggi gula seperti gula pasir itu sendiri adalah salah satu makanan yang paling disenangi sel kanker. Termasuk makanan-makanan yang tinggi lemak, seperti lemak dari minyak goreng yang berasal dari trans fat (lemak tak jenuh). Termasuk juga makanan-makanan dari bahan-bahan sintetik yang tidak dikenal oleh tubuh kita,” ujar dia, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Selasa 16 Januari 2024.

Selanjutnya, dr. Zaidul Akbar menyebutkan jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kali ini, dia menjelaskan jenis makanan sumber protein hewani dan protein nabati yang baik dikonsumsi agar sel kanker tidak semakin berkembang dalam tubuh.

Dalam pembahasannya, dia menuturkan makanan dengan kandungan protein yang bersumber dari tumbuhan (protein nabati) lebih baik dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dibandingkan protein yang bersumber dari hewan (protein hewani).

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x