Jangan Digaruk, Begini Cara Atasi Rasa Gatal Agar Tidak Merusak Kulit

- 22 November 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi kulit
Ilustrasi kulit /Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas

PRFMNEWS - Menggaruk sangat tidak disarankan mengatasi rasa gatal.

Rasa gatal yang diatasi dengan cara digaruk sangat rentan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Adakah cara yang lebih baik untuk mengatasi gatal tanpa merusak kulit?

Baca Juga: Pemkab Karawang Dapat Hibah Tanah dari KPK, Nilainya Lebih dari Rp10 Miliar

Pakar dermatologi dan venereologi dr. Amelia Setiawati Soebyanto, Sp.DV, merekomendasikan orang-orang mengompres air dingin kulit yang gatal ketimbang digaruk.

"Kita bisa kompres atau masukkan air dingin ke botol kaca kemudian digulung-gulungkan (ke kulit yang gatal). Itu akan mengurangi gatal karena gatal akan tercampurnsama rasa dingin," paparnya.

Kemudian, mengenai pendapat sebagian orang bahwa mandi air panas bisa mengatasi gatal, Amelia menuturkan cara itu justru akan menambah rasa gatal.

Baca Juga: Stasiun Kereta Cepat Halim Kini Dilengkapi Empat Intermoda

"Banyak yang bilang mandi air panas, langsung hilang gatalnya. Ya, bisa juga. Tapi, setelah itu lecet kulitnya. Setelahnya rasanya lebih gatal karena kulitnya lecet," ujar Amelia.

Kulit gatal merupakan sensasi tidak nyaman pada kulit, polusi dikatakan memainkan peran penting dalam mengakibatkan kulit gatal.

Polusi dapat masuk ke kulit melalui penumpukan partikel polusi di permukaan kulit dan diserap oleh folikel rambut dan kelenjar keringat. Beberapa di antaranya akan bersirkulasi dalam plasma yang kemudian masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Baca Juga: 6 Cafe di Bandung Paling Pas Buat Stok Foto dan Video Medsos, Kisaran Harga Minuman Rp20 Ribu Sampai Rp50 Ribu

Polusi yang masuk ini kemudian menghasilkan radikal bebas yang akan menurunkan kemampuan antioksidan kulit baik secara enzimatik maupun non-enzimatik (vitamin E, vitamin C dan glutation).

Lapisan luar kulit yang rusak ini kemudian menyebabkan hilangnya air dalam jumlah banyak pada kulit. Akibatnya, kulit akan relatif lebih kering, mudah mengalami peradangan dan menimbulkan keluhan gatal.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x