7 Jenis Makanan Ini Ternyata Mengandung Sianida Alami, Bolehkah Dikonsumsi?

- 8 November 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi kacang almond
Ilustrasi kacang almond /Pixabay/632240

PRFMNEWS - Sianida disebut sebagai salah satu racun paling berbahaya yang pernah diketahui dalam peradaban manusia. Paparan senyawa sianida dalam berbagai bentuk dapat menyebabkan kematian. Pada zaman dahulu, sianida kadar rendah hanya dapat ditemukan di alam.

Tapi kini, sianida sudah diproduksi oleh manusia dalam bentuk padat, cair, hingga gas.Sianida umumnya dapat dijumpai pada bahan pembuat kertas, plastik, tekstil, asap kendaraan dan asap rokok.

Namun, tahukah kamu bahwa sianida sebetulnya juga ada dalam beberapa makanan kita sehari-hari?

Nyatanya, benar ada makanan mengandung sianida alami dan kebanyakan dari buah-buahan. Lantas, buah apa yang mengandung sianida?

1. Biji apel

Kita mungkin sering mengonsumsi apel, tetapi tidak dengan bijinya. Meski demikian, bisa jadi kita menelannya secara tidak sengaja. Berhati-hati, ya, karena biji apel mengandung zat amygdalin alias senyawa kimia yang terbentuk dari gula dan sianida.

Satu gram biji apel diperkirakan dapat mengandung 0,6 mg sianida. Pertanyaannya, berapa gram sianida bisa membunuh manusia? Sianida dikatakan dapat mematikan jika berada pada rentang dosis 30 mg atau lebih. Itu berarti perlu sekitar 100 biji apel untuk menempatkan risiko berbahaya. Namun, jangan dicoba, ya!

2. Singkong

Mengonsumsi singkong mentah terutama singkong pahit sangat berbahaya karena mengandung racun sianida. Mengutip Badan POM, singkong manis menyimpan kurang dari 50 miligram per kilogram, sementara singkong pahit menyimpan lebih dari 50 miligram sianida.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x