6 Daftar Penyakit Keturunan yang Wajib Kamu Waspadai

- 23 Oktober 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi genetika manusia
Ilustrasi genetika manusia /Pixabay.com/LionFive

PRFMNEWS - Mempunyai tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit tentunya merupakan keinginan semua orang. Sayangnya, beberapa orang mungkin kesulitan untuk menghindari sebagian penyakit karena adanya faktor genetika atau adanya riwayat penyakit keturunan.

Penyakit keturunan yang disebut sebagai penyakit warisan orang tua. Yang kerap menjadi pertanyaan adalah apakah jenis penyakit ini bisa disembuhkan atau tidak. Sebab, beberapa penyakit warisan keluarga ini memang serius dan bisa menyebabkan konsekuensi yang fatal.

Oleh karena itu, keberadaan penyakit ini sebaiknya diketahui sedini mungkin untuk mendapatkan pencegahan yang lebih efektif.

Lalu, penyakit keturunan apa saja yang patut Anda dan anggota keluarga waspadai? Beberapa diantaranya akan dibahas pada artikel di bawah ini. Yuk, mari kita simak bersama!

Baca Juga: 5 Cara Penyembuhan Penderita Penyakit Diabetes, Simak Penuturan Dokter Ema Surya Pertiwi

Apa itu Penyakit Keturunan?

Faktor genetik sebetulnya punya peran dalam banyak masalah kesehatan. Tapi ada beberapa penyakit di mana genetik sangat berperan sebagai penyebab masalah tersebut. Kondisi ini disebut penyakit keturunan atau penyakit genetik.

Ketika lahir, seorang anak membawa gen atau DNA dari orang tuanya. Artinya, apa pun kondisi DNA tersebut juga akan terbawa. Orang tua yang memiliki DNA dengan risiko penyakit tertentu otomatis menurunkan risiko yang sama kepada anaknya. DNA itu bisa berasal dari satu orang tua ataupun keduanya. Anak umumnya memiliki gen lebih kuat dari salah satu orang tua.

Namun ketika orang tua mengidap penyakit tertentu, anaknya tidak otomatis akan menderita penyakit yang sama. Ada kemungkinan risiko itu tidak muncul karena orang tua hanya menjadi pembawa carrier DNA dari kakek-nenek. Jadi penyakit genetik bisa saja loncat dari kakek ke cucu atau cicit.

Baca Juga: Benarkah Gen Z Kini Jadi 'Generasi Paling Kesepian'? Ini Kata Ahli

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x