Ternyata Ini Penyebab Munculnya Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah

- 21 November 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi jerawat
Ilustrasi jerawat /PEXELS/Anna Nekrashevich

PRFMNEWS - Meski sudah banyak perawatan wajah, namun jerawat masih menjadi permasalahan umum yang kerap terjadi pada seseorang. Letaknya pun bisa di bagian wajah mana pun, di dahi, pipi, hingga jidat, tentu membuat penampilan tidak percaya diri.

Secara umum, jerawat muncul karena tersumbatnya pori-pori wajah akibat penumpukan minyak (sebum), sel kulit mati, kotoran, dan bakteri.

Kondisi ini dipicu oleh berbagai faktor, di antaranya adalah perubahan hormon, memiliki tipe kulit berminyak, gesekan pada kulit, stres, dan makanan tertentu.

Jika sudah mengetahui faktornya, tentu kamu akan dengan mudah mengobati jerawat. Penasaran penyebab jerawat berdasarkan letaknya? Berikut ini ulasannya melansir Healthline.

Baca Juga: Inilah 5 Kondisi Kulit Yang Terlihat Seperti Jerawat Tapi Tidak

1. Jerawat di sekitar garis rambut

Pada pria, jerawat di sekitar garis rambut disebabkan karena penggunaan minyak rambut. Sedangkan pada wanita, penyebabnya muncul karena sisa-sisa sabun pembersih wajah di area tersebut.

Penggunaan produk kecantikan tertentu juga bisa memicu timbulnya jerawat di area ini.

Maka itu, solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghentikan pemakaian produk yang diduga menjadi penyebab timbulnya jerawat. Kamu juga disarankan untuk membilas wajah hingga bersih saat membersihkan wajah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x