Lantunan Surat Al-Hujurat Ayat 13 Bergema di Opening Piala Dunia 2022 Qatar

- 21 November 2022, 11:30 WIB
Upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 pada Minggu, 20 November 2022.
Upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 pada Minggu, 20 November 2022. /Pawel Kopczynski/Reuters

PRFMNEWS - Piala Dunia 2022 Qatar resmi dimulai usai digelarnya upacara pembukaan di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu, 20 November 2022 malam kemarin.

Pesan-pesan cinta dan persatuan sudah terasa sejak awal pembukaan. Bahkan pembukaan ini diawali dengan kutipan ayat suci Al-Quran yaitu Surat Al-Hujurat ayat 13.

Kutipan ayat suci itu dibacakan oleh Ghanim Al Muftah. Ia adalah penyandang disabilitas yang juga seorang penghafal Al-Quran. Ghanim Al Muftah juga menyandang status sebagai Duta Piala Dunia Qatar 2022.

Awalnya ada dialog antara Ghanim Al Muftah dengan Morgan Freeman. Freeman bertanya kepada Ghanim bagaimana tetap bersatu di tengah perbedaan. Lalu Ghanim pun membacakan ayat suci tersebut.

Baca Juga: Qatar Kalah di Laga Perdana, Suporter Kecewa dan Tinggalkan Stadion di Tengah laga

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti,” demikian terjemahan ayat tersebut.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penampilan Tari Adhar, yaitu tari pedang khas Qatar. Penonton kemudian disuguhkan dengan kemunculan maskot dan soundtrack Piala Dunia dari masa ke masa.

Setelah maskot dan soundtrack Piala Dunia terdahulu tampil, giliran maskot Piala Dunia 2022 yang bernama Laeeb pun muncul. Kemunculannya diiringi dengan penampilan Jungkook BTS yang membawakan lagu ‘Dreamers’.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador, Tim Tamu Bekuk Tuan Rumah dengan 2 Gol Tanpa Balas

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x