5 Manfaat Skincare dengan Kandungan Retinol

- 19 Oktober 2022, 19:44 WIB
Ilustrasi skincare dengan kandungan retinol.
Ilustrasi skincare dengan kandungan retinol. /Pexels

PRFMNEWS - Dalam kalangan penggemar perawatan kulit, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama retinol. Sudah cukup banyak skincare yang menggunakan retinol sebagai bahan dasarnya, bahkan tak sulit untuk menemukan ragam rekomendasi produk retinol terbaik di internet. Namun siapa sangka, ternyata zat yang semakin naik daun ini diketahui sudah digunakan sebagai obat jerawat sejak tahun 1970-an, lho. Kemudian para peneliti menemukan bahwa zat tersebut memiliki beberapa fungsi lain yang juga tak kalah menarik.

Retinol adalah bahan aktif yang merupakan turunan sintesis dari vitamin A. Vitamin jenis ini mampu larut dalam lemak dan bisa kita temukan dari berbagai makanan. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah wortel dan telur. Fungsi retinol sendiri memang cukup menarik hati, mulai dari mengatasi jerawat, memudarkan bintik hitam, hingga membuat kulit terlihat tampak awet muda. Karena itulah produk skincare retinol ini cukup digandrungi oleh mereka yang berusia 30-an ke atas.

Ukuran molekulnya yang cukup kecil membuat zat ini mampu menyerap hingga lapisan bawah kulit dan bantu menetralkan radikal bebas yang membuat sel cepat menua serta memicu pergantian sel kulit di permukaan. Tak hanya itu, retinol juga diketahui mampu merangsang produksi kolagen yang sangat dibutuhkan untuk tulang dan kulit kita. Semakin menarik, yuk kita bahas lebih lengkap mengenai manfaat retinol.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pemkot Bandung Cegah Banjir dengan Cara Intensifkan Bangun Sumur Resapan dan Parkir Air

Apa Saja Manfaat Produk Retinol Terbaik?

1. Mengatasi masalah jerawat

Sebagai fungsi yang paling awal diketahui, kemampuan retinol untuk mencegah dan mengatasi jerawat memang sudah cukup diakui. Kandungan zat retinol dalam skincare bisa bantu buka pori-pori agar obat jerawat bisa meresap dengan baik.

Retinol mampu menjaga fungsi kelenjar minyak untuk menghindari produksi minyak berlebih. Zat ini juga diketahui mampu membersihkan berbagai kotoran yang bisa menyumbat pori-pori kulit dan memunculkan jerawat.

2. Merangsang produksi kolagen

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x