Cuaca Ekstrem, Pemkot Bandung Cegah Banjir dengan Cara Intensifkan Bangun Sumur Resapan dan Parkir Air

- 19 Oktober 2022, 19:30 WIB
Intensif bangun resapan dan parkir air dei cegah banjir di Kota Bandung, kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi.
Intensif bangun resapan dan parkir air dei cegah banjir di Kota Bandung, kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Cuaca ekstrem salah satunya hujan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir tengah melanda Kota Bandung hingga berpotensi bencana hidrometeorologi berupa banjir.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun terus berupaya untuk mencegah potensi banjir akibat cuaca ekstrem ini agar tidak terus meluas dan genangan air tak semakin tinggi dengan berbagai cara.

Dua cara yang kini digencarkan Pemkot Bandung untuk menanggulangi potensi banjir selama cuaca ekstrem terjadi, yakni dengan mengintensifkan pembangunan sumur resapan dan kolam retensi.

Baca Juga: Kubah Masjid Islamic Center di Jakarta Utara Terbakar Hingga Hancur

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, sumur resapan jadi salah satu upaya tata kelola air hujan agar tidak menggenang semakin tinggi.

"Paradigmanya, sekarang kita memperbanyak resapan sehingga semakin banyak air diparkir. Ini lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan normalisasi sungai," ujar Didi di Balai Kota Bandung, Rabu 19 Oktober 2022.

Saat ini, lanjutnya, Pemkot Bandung telah membuat sumur imbuhan dangkal sebanyak 5.000 unit dan sumur imbuhan dalam sebanyak 30 unit. Jumlah itu akan terus bertambah di setiap ruang.

Baca Juga: 7 Ruas Jalan di Kota Bandung Ini Ditutup Tanggal 24 Sampai 26 Oktober, Begini Penjelasan Polisi

"Ini solusinya, mengintensifkan serapan air dengan pembangunan resapan air. Sebenarnya sudah kita kenalkan konsep ‘spons city’ atau kota serap, apapun tempatnya itu harus menjadi resapan," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x