Tangani Banjir di Kota Bandung, Pemkot Bandung Siapkan Langkah-langkah ini

- 6 Oktober 2022, 09:00 WIB
Pemkot Bandung saat pantau dampak banjir di Cicendo, Kota Bandung.
Pemkot Bandung saat pantau dampak banjir di Cicendo, Kota Bandung. /Diskomifo Kota Bandung

PRFMNEWS - Dalam beberapa hari terakhir, kota Bandung kerap diterjang banjir usai hujan deras. Selain di Gedebage, banjir juga terjadi di sekitar kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyampaikan, ada beberapa langkah yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung penanganan dan antisipasi banjir di Kota Bandung.

Pada Rabu, 5 Oktober 2022 kemarin, Pemkot Bandung meninjau 4 lokasi banjir di kota Bandung.

Pertama di Kolam Retensi Bima, kedua di Sungai Ciwarga Kelurahan Sukaraja. Lalu kemudian di TPU Sirnaraga dan Jalan Tresna Asih Kecamatan Astana Anyar.

Baca Juga: Diskar PB Kota Bandung Imbau Warga Siaga Potensi Bencana

Tiap titik banjir yang ditinjau mendapat penanganan berbeda. Di Kolam Retensi Bima misalnya. Benteng yang jebol akibat arus air diperbaiki.

Juga optimalisasi manajemen air di kawasan ini yang terus digenjot.

Selanjutnya, titik banjir di Sungai Ciwarga, Kelurahan Sukaraja ditangani dengan upaya perbaikan aliran sungai yang masuk ke Sungai Ciwarga.

“Terdapat penyempitan jalur di sungai yang berakibat lubernya aliran sungai ke pemukiman warga. Namun kami perlu koordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Citarum) karena ini mencakup lintas kota kabupaten,” ucap Ema.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah