Sering Mengalami Telinga Gatal? Ternyata 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya Kata dr. Saddam Ismail

- 22 September 2022, 20:47 WIB
Ilustrasi telinga.
Ilustrasi telinga. /unsplash @mark0polo./

PRFMNEWS - Dokter Saddam Ismail mengungkapkan 5 penyebab telinga mengalami gatal.

Telinga gatal adalah salah satu keluhan umum yang sering dirasakan orang-orang dan terkadang rasa gatalnya tidak tertahankan hingga harus dikorek.

Telinga gatal bisa dirasakan oleh siapa saja dan kapan saja. Kadang telinga gatal juga bisa menjadi pertanda ada sesuatu di telinga, seperti infeksi atau kelainan.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Otomatis Stabil dengan Daun Herbal Asal India ini, kata dr. Ema Surya Pertiwi

Dokter Saddam Ismail kali ini menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab telinga gatal, berikut penjelasannya seperti dikutip dari kanal YouTube dr. Saddam Ismail.

1. Telinga Kering

Banyak orang yang masih salah beranggapan bahwa dengan mengorek telinga sampai bersih adalah baik atau bagus, padahal hal tersebut salah.

“Karena dengan mengorek seluruh serumen atau kotoran di dalam telinga, itu akan membuat telinga menjadi kering, kelembapan disitu berubah, karena normalnya memang harus ada serumen di telinga bagian dalam, jangan sampai dikorek bersih sekali,” ujar dr. Saddam Ismail.

Hal itu lah yang membuat telinga menjadi gatal, mudah timbul infeksi, dan bakteri. Oleh sebab itu menjaga kelembapan telinga itu sangat penting.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Saddam Ismail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x