Waspada! 10 Gejala Awal Stroke yang Ringan Sering Tak Disadari, Salah satunya Muncul di Kulit Kata dr Ema

- 8 Juli 2022, 10:55 WIB
dr Ema Surya Periwi beberkan 10 gejala awal stroke ringan
dr Ema Surya Periwi beberkan 10 gejala awal stroke ringan /Foto dok./Youtube/Emasuperr/

PRFMNEWS – Sebelum seseorang menderita stroke berat, umumnya akan muncul gejala-gejala awal bersifat relatif ringan hingga sering tidak disadari, namun bisa jadi pertanda akan terserang penyakit ini.

Gejala atau tanda awal seseorang akan menderita stroke ini diungkap healthy vlogger dokter Ema Surya Pertiwi yang ternyata pernah dialami juga oleh ibundanya.

Ada 10 gejala awal stroke, menurut dr. Ema Surya Pertiwi, yang cenderung ringan muncul akibat adanya penyumbatan pembuluhan darah di otak.

Dokter Ema Surya Pertiwi menyebut, 10 gejala awal stroke akibat penyumbatan pembuluh darah pada otak bisa muncul di kepala, kulit, saluran kencing, bahkan berupa perubahan perilaku dan emosional tiba-tiba.

Baca Juga: Inilah Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Salah Satunya Meningkatkan Kesuburan Kata dr. Zaidul Akbar

Waktu munculnya gejala-gejala awal stroke ini, ucap dr. Ema Surya Pertiwi pada tiap orang berbeda, namun umumnya terlihat pada 2-3 minggu sebelum dia benar-benar terserang stroke berat.

Gejala-gejala awal stroke di beberapa bagian tubuh ini, ujar dr. Ema Surya Pertiwi wajib diwaspadai terutama bagi orang yang punya faktor risiko tinggi, seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, penyakit jantung, perokok pasif, dan lainnya.

1. Sakit kepala

Orang yang sering sakit kepala berkepanjangan, terlebih sudah diobati, dipijat, atau diterapi masih tetap terasa, maka gejala ini harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Kondisi itu terjadi karena dipicu penurunan aliran darah ke otak yang bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke pada otak.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x