Waspada Jika 5 Hal ini Muncul Pada Kulit, Bisa Jadi Tanda Menderita Diabetes, Kata dr. Ema

- 21 Juni 2022, 11:00 WIB
Diabetes bisa diketahui lewat kondisi kulit.
Diabetes bisa diketahui lewat kondisi kulit. /Pexels/Shiny Diamond

PRFMNEWS - Tidak hanya luka sulit sembuh ataupun gejala pada kaki lainnya, ternyata ciri atau gejala diabetes lainnya bisa dilihat dari kulit.

Healthy vlogger dr. Ema Surya Pertiwi mengatakan bahwa orang yang menderita penyakit diabetes seringkali mengalami masalah kulit.

Adapun gejala atau ciri kulit seseorang yang menderita diabetes adalah sebagai berikut, seperti yang dikutip prfmnews.id dari YouTube Emasuperr pada Selasa 21 Juni 2022:

Baca Juga: Sering Alami Kesemutan dan Kram Pada Kaki? Hati-hati Bisa Kamu Derita Salah Satunya dari 6 Penyakit Bahaya ini

1. Jamur pada kulit

Ciri pertama pada kulit penderita diabetes adalah muncul lingkaran merah atau keputih-putihan dengan rasa yang sangat gatal.

Letak jamur atau gatal-gatal ini akan terletak pada area yang lembab, seperti selangkangan, pantat, area vagina, belakang tengkuk, paha bahkan sampai di area lipatan-lipatan perut.

Sehingga menurut dr. Ema jika seseorang menderita ciri diatas walau sudah diobati tapi tidak kunjung sembuh bisa jadi kita sedang menderita diabetes.

2. Area kehitaman pada tubuh

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x