Waspada 9 Ciri Awal Sakit Jantung yang Sering Diabaikan, Salah Satunya Tidur Mengorok Kata dr. Ema

- 30 Maret 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi penyakit jantung.
Ilustrasi penyakit jantung. /Pexels.com/Isabella Mariana


PRFMNEWS - Healthy vlogger dr. Ema Surya Pertiwi mengungkapkan mengenai ciri-ciri awal seseorang yang menderita penyakit jantung.

Menurut dr. Ema, ciri-ciri awal penyakit jantung ini sering sekali diabaikan dan dianggap sebagai penyakit ringan saja, sehingga penangananya akan menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Oleh sebab itu agar menjadi waspada dan perhatian, dr. Ema membagikan 9 ciri-ciri awal seseorang menderita sakit jantung, seperti yang dilansir prfmnews.id melalui kanal YouTube Emasuperr pada Rabu 30 Maret 2022.

Baca Juga: Konser Tulus di Bandung Dibubarkan, Penonton Minta Pengembalian Uang Tiket

1. Sakit dada bagian kiri yang menjalar hingga bahu

Nyeri diawali di bagian dada sebelah kiri dan perlahan-lahan menjalar pada area bahu. Kemudian rasa nyeri tersebut bisa bertahan dalam beberapa waktu, adapun waktu yang paling lama sekitar 30 menit atau bahkan muncul sekali perlahan 10-15 detik lalu menghilang tiba-tiba.

Rasa nyeri tersebut muncul karena kematian sel-sel otot pada jantung ataupun ketidakmampuan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh.

“Jika kalian mengalami nyeri yang teramat sangat dan sering terutama di area dada sebelah kiri bahkan menjalar hingga bahu itu bisa menjadi pertanda awal adanya gangguan pada jantung,” jelas dr. Ema.

Baca Juga: Satpol PP Kota Bandung Antisipasi PMKS Musiman Hingga Balap Liar pada Ramadhan Nanti

2. Mengorok atau sleep apnea

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x