The Story of Plastic:  Film Dokumenter yang Menguak Problematika Plastik

- 23 April 2020, 17:45 WIB

BANDUNG, (PRFM) - Dalam rangka memperingati Hari Bumi sedunia pada 22 April 2020 ini, Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) mengadakan virtual community screening sebuah film dokumenter yang berjudul ‘The Story of Plastic’ pada 23 April 2020 pukul 14.00-15.35 WIB.

Film dokumenter ini memperlihatkan bagaimana plastik sejak dari proses pembuatan hingga menjadi sampah yang tidak dikelola secara baik. Sehingga pada akhirnya berdampak pada krisis lingkungan maupun kesehatan manusia.

Film ini merupakan bagian dari The Story of Stuff Project yang juga anggota dari gerakan #breakfreefromplastic, The Story of Plastic akan memperlihatkan aktivis lingkungan dari berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Belgia, Inggris, India, Filipina, dan negara lainnya memperjuangkan dunia bebas dari polusi plastik.

Baca Juga: Penumpang Bus di Terminal Leuwipanjang Wajib Ikuti Rapid Test

Dua anggota AZWI juga turut andil dalam film dokumenter ini, yaitu Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) Tiza Mafira dan Direktur Eksekutif ECOTON Prigi Arisandi.

“Kita sering mendengar pernyataan bahwa ‘yang salah bukan plastiknya, yang salah orangnya’ Film ini akan menunjukkan bahwa secara inheren, yang salah plastiknya: dari mulai bahan baku

plastik, dirancangnya plastik untuk kegunaan sekali pakai, kegagalan mendaur ulang plastik di negara maju, hingga pembuangan plastik ke negara berkembang atau dengan pembakaran. Film ini membuka mata, informatif, dan menghibur di saat yang bersamaan” ujar Tiza.

“Saya harap setelah penayangan film dokumenter ini semakin banyak orang yang mengetahui jika kepraktisan yang dibawa oleh plastik sekali pakai juga membawa bencana bagi perairan dan kehidupan diperairan dan secara tidak sadar kita telah menanam racun dalam tubuh kita. Maka diperlukan upaya revolusioner untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai,” Sambung Prigi.

Melalui film ini, diharapkan akan membuka wawasan masyarakat Indonesia. Dengan melihat permasalahan plastik secara lebih mendalam bahwa pencemaran plastik didorong oleh model bisnis industri plastik dan FMCG yang akhirnya membebani pemerintah dan masyarakat untuk menanganinya.

Perubahan perilaku masyarakat tidak akan cukup tanpa adanya perubahan dari industri kalau terus memproduksi plastik. Plastik adalah masalah global yang menjadi peranan semua pihak dan sangat krusial untuk mengatasinya.

Baca Juga: Lakukan Penggelapan Mobil Rental, Seorang Ibu Rumah Tangga Terancam 5 Tahun Penjara

“Komunitas dan pemerintah lokal di seluruh dunia setiap hari harus berjuang menangani peningkatan timbulan dan kompleksitas masalah sampah, yang didorong oleh terus meningkatnya dan semakin beragamnya sampah plastik. Program Zerowaste Cities dikembangkan sejumlah anggota Break Free From Plastic untuk membantu pemerintah lokal dan komunitas mengatasi krisis sampah yang mereka hadapi sehari-hari, melalui solusi yang ekologis sekaligus ekonomis. Yang lebih mendasar lagi, program ini akan membuka jalan untuk membuat industri bertanggung jawab terhadap beban penanganan sampah yang telah sekian lama membebani pemerintah dan komunitas-komunitas di seluruh dunia,” kata Direktur Eksekutif YPBB Bandung, David Sutasurya.

Film berdurasi 135 menit film ini sendiri tayang perdana di Amerika dan Eropa pada 22 April 2020 pukul 01.00 WIB dini hari dan di Asia Pasiifik pada awal bulan Juni mendatang pada jaringan televisi berlangganan, Discovery Channel.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x