Apakah Mengkonsumsi Vitamin D Dapat Membantu Depresi? Begini Penjelasannya

- 2 Januari 2022, 14:02 WIB
Ilustrasi depresi
Ilustrasi depresi /RyanMcguire/Pixabay


PRFMNEWS - Bagi sebagian orang, memasuki musim dingin yang meriah bisa menyenangkan dan mengasyikkan. Tetapi bagi banyak orang yang berjuang dengan depresi musiman atau gangguan afektif musiman (SAD).

Kurangnya sinar matahari sepanjang tahun ini juga dapat menyebabkan rendahnya kadar vitamin D, yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati seperti depresi.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah mengkonsumsi suplemen vitamin D atau makan lebih banyak makanan kaya vitamin D dapat membantu meringankan gejala SAD.

Baca Juga: Manfaat Minum Cokelat Panas untuk Kesehatan, Sangat Disukai oleh Ahli Gizi ini

Bisakah Vitamin D Membantu Depresi Musiman? Orang yang mengalami depresi memiliki kadar serotonin yang lebih rendah, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati.

Sebagaimana dilansir prfmnews.id dari situs Pop Sugar, Menurut sebuah studi tahun 2015, vitamin D dapat mengaktifkan serotonin di otak. Masuk akal jika mengkonsumsi suplemen dapat membantu meringankan depresi, terutama pada saat Anda mungkin kesulitan mendapatkan vitamin D secara alami.

Tetapi sementara meningkatkan kadar vitamin D Anda dapat bermanfaat, suplemen saja bukanlah pengobatan yang tepat untuk SAD.

Baca Juga: Ucapkan Ini 3 Kali Sehari Bisa Mendapatkan Rezeki Tanpa Dicari, Syekh Ali Jaber: Jaminan Rezeki dari Allah

"Tidak disarankan untuk mengobati depresi musiman hanya dengan vitamin D, jika Anda menyadari bahwa ada sesuatu yang 'tidak beres', atau merasa rendah diri atau tidak menikmati hal-hal seperti dulu, penting untuk menghubungi terapis berlisensi untuk meminta bantuan," kata Anisha Patel-Dunn, DO, kepala petugas medis LifeStance Health. Seperti dikutip prfmnews.id dari laman Pop Sugar Minggu, 2 Januari 2022

Berikut cara lain untuk meringankan gejala depresi musiman, jika vitamin D tak efektif maka metode ini dapat dipertimbangkan untuk mengurangi depresi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x