Jangan Lakukan Kebiasaan Menggeser Layar Ponsel Setiap Hari, Jika Tak Ingin Terinfeksi Bakteri dan Penyakit

- 11 Desember 2021, 16:30 WIB
Ilustrasi layar ponsel.
Ilustrasi layar ponsel. /photomix/pexels

PRFMNEWS - Kita semua merasa bersalah karena menyelundupkan ponsel kita ke kamar mandi, hanya untuk menenangkan dan menghibur diri serta menggeser, menggeser, dan menggeser melihat aplikasi media sosial Facebook, Instagram atau Twitter.

Dalam hal tersebut Anda tidak sendirian, survei terbaru menemukan bahwa 90 persen orang menggunakan ponsel mereka di kamar mandi. Tentu, itu mungkin alternatif yang lebih menghibur daripada tumpukan buku dan majalah tua untuk dibawa duduk di sebuah toilet. Tapi kebiasaan buruk ini bisa membahayakan kesehatan Anda, menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Germs.

Para peneliti dari Universitas Metropolitan London menyeka 27 ponsel siswa sekolah menengah untuk mencari berbagai bakteri. Semua sampel terkontaminasi kuman lebih dari 17.000 salinan gen bakteri dan total lebih dari 20 spesies mikroba berbeda, para penulis melaporkan. Beberapa kontaminan yang paling sering adalah strain Staphylococcus tertentu.

Baca Juga: Ribuan Karangan Bunga Berjajar di Pendopo Kota Bandung, Tanda Penghormatan pada Oded M Danial

Meskipun keberadaan Staphylococcus tidak selalu memberi Anda infeksi staph, beberapa bakteri yang terdeteksi tentu saja mengkhawatirkan, menurut Susan Whittier, seorang direktur mikrobiologi klinis di New York-Presbyterian dan Columbia University Medical Center. Lagi pula, siapa yang tahu apa yang bisa merangkak di kamar mandi itu?

“Kami tidak berjalan melalui lingkungan yang steril, jadi jika Anda menyentuh permukaan, mungkin ada sesuatu di sana. Ada banyak kontaminan lingkungan,” kata Whittier, dikutip prfmnews.id dari laman ajc.com Sabtu, 11 Desember 2021.

Karena ukuran sampel penelitian ini relatif kecil, maka penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum menarik kesimpulan pasti tentang keberadaan bakteri pada perangkat Anda. Para peneliti berharap bahwa penelitian di masa depan akan memeriksa bagaimana bakteri yang ditemukan di telepon dapat menyebabkan infeksi dan penyakit juga.

Tidak ada salahnya, mulai mencuci layar ponsel Anda sesering Anda mencuci tangan (setiap kali setelah kunjungan ke toilet) untuk memulai, berikut adalah beberapa metode yang sangat mudah untuk menjaga ponsel Anda bebas kuman.

Untuk membantu menjaga ponsel Anda tetap bersih, coba tips berikut:

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x