Mengenal Kanker Prostat, Penyakit yang Tengah Dialami SBY

- 2 November 2021, 17:25 WIB
Presiden Indonesia ke-6 SBY didiagnosis kanker prostat
Presiden Indonesia ke-6 SBY didiagnosis kanker prostat /Twitter/@jansen_jsp


PRFMNEWS – Baru-baru ini Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan sakit kanker prostat. Akibat penyakit ini, SBY berencana akan menjalani pengobatan di luar negeri.

Kabar kurang mengenakkan itu dibenarkan oleh putra pertamanya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat akun Twitter-nya @AgusYudhoyono.

Lantas apa yang dimaksud dengan penyakit kanker prostat? Melansir dari situs UCLA Health, berikut penjelasan singkat mengenai penyakit tersebut.

Baca Juga: Kabar Terbaru SBY, Disebut akan Menjalani Perawatan di Luar Negeri

Definisi kanker prostat

Kanker prostat ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali (ganas) di kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar seukuran kenari pada pria, terletak tepat di bawah kandung kemih dan di depan rektum, mengelilingi uretra (tabung yang membawa urin keluar dari kandung kemih). Prostat memproduksi dan menyimpan cairan yang membantu membuat air mani.

Kanker prostat dapat tumbuh lambat, sehingga banyak pria meninggal karena penyakit lain sebelum kanker prostat memicu masalah yang lebih serius.

Namun, banyak kanker prostat lebih agresif dan dapat menyebar di luar batas kelenjar prostat, yang dapat mematikan. Deteksi dini dan pengobatan rutin yang tepat diyakini mampu mengantisipasi kanker prostat semakin ganas.

Baca Juga: Sudjiwo Tejo Puji Lukisan SBY : Kalau Lagunya Kacangan, Tapi Lukisannya Animatif Banget

Penyebab kanker prostat

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x