Merasa Panas dan Gatal di Lidah Ketika Makan Nanas? Ternyata Ini Penyebabnya

- 8 Desember 2020, 19:12 WIB
NANAS.*
NANAS.* /Pixabay

 

PRFMNEWS - Pernahkah merasakan rasa aneh di dalam mulut dan lidah Anda ketika memakan buah nanas ? Ya, beberapa orang akan merasakan panas dan gatal pada lidah ketika memakan buah nanas.

Rasa perih dan gatal muncul disebabkan oleh sebuah enzim yang terdapat di dalam nanas. Enzim tersebut bernama Bromelain.

Sebenarnya enzim bromelain memiliki banyak kegunaan. Bahkan sering dijadikan pengobatan dalam dunia kesehatan. Salah satunya yaitu membantu dalam mengatasi penyakit sinusitis.

Selain itu, enzim bromelain juga memiliki fungsi dapat memecahkan protein. Namun akibat dari proses pemecahan protein yaitu lidah akan menjadi lebih sensitif. Sehingga yang akan terjadi lidah menjadi terasa gatal dan panas ketika memakan buah nanas.

Cara Mengatasi Rasa Panas dan Gatal

Dilansir dari prfmnews.id dari Bustle,  rasa tidak nyaman akibat memakan buah nanas dapat diatasi dengan berbagai cara.  Nanas dapat dipanaskan atau dimasak. Sehingga dapat mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari bromelain akibat proses pemecahan protein.

Cara lainnya yang umum digunakan adalah nanas direndam dengan larutan air dan garam. Fungsi dari larutan air dan garam yaitu dapat membantu melarutkan sebagian dari keasaman yang terdapat pada buah nanas. Namun cara tersebut terkadang kurang berhasil.

Rasa ketidaknyamaan yang ditimbulkan oleh enzim bromelain memang sangat menganggu lidah dan mulut. Jika Anda dapat menahannya sebentar maka akan baik-baik saja. Sebab, mulut akan meregenerasi kulit dengan begitu Anda dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun lain halnya ketika Anda merasakan efek lainnya seperti diare, mual, muntah dan lainnya. Maka Anda perlu untuk menghindari terlebih dahulu mengonsumsi buah nanas. (Dwi Nurul Hasanah/JOB)***

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Bustle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x