Puluhan Ijazah Siswa Ditahan Sekolah, FMPP Lapor ke Ombudsman Jabar

- 13 November 2020, 12:51 WIB
Simulasi Pembelajaran Tatap Muka
Simulasi Pembelajaran Tatap Muka /Pemkab Sumedang

PRFMNEWS – Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Jawa Barat mengadu ke Ombudsman Jawa Barat lantaran pihaknya masih mendapati adanya laporan terkait sekolah yang masih menahan ijazah siswanya.

Tak tanggung-tanggung, Ketua FMPP Jabar, Illa Setiawati menyebut sedikitnya FMPP telah menghimpun 47 aduan terkait hal tersebut. Aduan soal penahanan itu didominasi oleh SMK baik negeri dan swasta di Jabar.

“Menurut data yang masuk di forum kami itu, lebih banyak SMK yang melakukan penahanan ijazah baik negeri dan swasta. Disayangkan masih ada sekolah negeri yang masih melakukan penahanan ijazah dikarenakan siswa tersebut masih mempunyai tunggakan,” jelasnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat 13 November 2020.

Baca Juga: Luhut: Ada Kenaikan Kasus Corona Saat Libur Panjang Kemarin, Tapi Tidak Tinggi

Alasan penahanan tersebut, lanjut Illa, siswa belum melunasi tunggakan selama bersekolah. Padahal, sebagaimana diketahui Disdik Jabar mengimbau baik sekolah negeri maupun swasta untuk tidak menahan ijazah siswanya.

Hal itu dikarenakan, ijazah adalah hak siswa yang telah menyelesaikan pendidikan.

“Sampai kemarin kami sudah menampun aduan dari 47 siswa. Kami juga sudah melakukan upaya untuk mendampingi mereka satu per satu. Tapi kadang-kadang di lapangan sudah kesulitan. Kami juga sudah bawa surat imbauan dari Kadisdik Jabar tapi itu tidak berpengaruh,” kata dia.

Baca Juga: Begini Alur Cerita Hunger Games : Mockingjay Part 1 yang Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV

Untuk itu, ia juga meminta Kadisdik Jabar untuk menurunkan tim investigasi guna menyisir mana saja sekolah yang masih menahan ijazah siswa nya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x