Segera Pindahan, PKL Jalan Ahmad Yani Garut yang Direlokasi Akan Tempati 4 Lokasi Baru

- 11 Juni 2024, 13:00 WIB
PKL musiman yang berjualan di Jalan Ahmad Yani Garut.
PKL musiman yang berjualan di Jalan Ahmad Yani Garut. /Robi Taufiq Akbar/Prianganinsider.com/

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyiapkan empat titik lokasi baru untuk relokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini berjualan di kawasan Jalan Ahmad Yani. Penataan ini dilakukan agar mereka tetap bisa berjualan dengan nyaman dan aman, tanpa melanggar ketertiban umum.

"Kita sudah melakukan pemetaan atau pengaplingan yang diperuntukkan pedagang, khususnya yang kita prioritaskan di Jalan Ahmad Yani," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, di Garut, Senin 10 Juni 2024.

Empat lokasi baru yang disiapkan Pemkab Garut bagi para PKL dari Jalan Ahmad Yani, kata Ridwan, yakni Jalan Ciledug, Gedung Lasminingrat, Bale Paminton, dan gedung bekas bioskop Sumbersari. Namun khusus eks gedung bioskop tersebut masih dalam proses pengusulan.

Ridwan mengungkapkan khusus untuk pemanfaatan gedung bekas bioskop Sumbersari, pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan komando resort militer (korem) untuk izin penggunaan bangunan tersebut untuk berjualan bagi PKL.

Baca Juga: Tampung Kendaraan Wisatawan yang Datang saat Libur Panjang, Pemkab Garut Sediakan Parkir Tambahan

"Diharapkan bisa efektif dipergunakan juga oleh kawan dari PKL agar dapat tertampung di tiga gedung itu, Bale Paminton, Lasminingrat, termasuk eks bioskop Sumbersari," terangnya.

Terkait kapan para PKL yang selama ini berjualan di Jalan Ahmad Yani itu pindah ke titik-titik relokasi tersebut, tuturnya, saat ini mereka masih dalam proses persiapan.

Hal ini menurutnya sesuai arahan dari Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin, yang menyampaikan bahwa para PKL tersebut diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan pindahan. Selanjutnya sepekan setelah Idul Adha 2024, semua PKL sudah bisa direlokasi ke tempat yang disediakan.

"Persiapan relokasi itu direncanakan di satu minggu setelah Idul Adha, sekarang persiapan jelang Idul Adha, tentu saja ini ada hal-hal yang harus lebih konsentrasi baik pemerintah daerah termasuk juga masyarakat pedagang," paparnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah