Hari Kesaktian Pancasila, Ridwan Kamil: Lawan Provokasi yang Menjauhkan Kita dari Pancasila

- 1 Oktober 2020, 15:20 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 1 Oktober 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 1 Oktober 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR /



PRFMNEWS
- Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Beragam cara dilakukan untuk menyambut Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) tersebut.

Salah satunya dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Melalui akun Instagram pribadinya, ia membagikan sebuah postingan ucapan selamat peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober,” tulis @ridwankamil pada pembuka caption postingannya, Kamis 1 Oktober 2020.

Baca Juga: Yang Lain Ditiadakan dan Ditunda Tapi Pilkada Lanjut Terus, Dede Yusuf: Ini Tidak Fair

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa pancasila merupakan kesepakatan agung atau mistaqan ghaliza versi bangsa Indonesia agar kita dapat hidup damai berdampingan sampai akhir nanti.
“Kesepakatan dari mereka yang berbeda segala rupa tapi bersepakat membangun rumah bersama dengan saling menghormati,’ sambungnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA, 1 OKTOBER 2020. Pancasila adalah kesepakatan agung atau mitsaqan ghaliza versi bangsa Indonesia agar kita bisa hidup damai berdampingan sampai akhir nanti. Kesepakatan dari mereka yang berbeda segala rupa tapi bersepakat membangun rumah bersama dengan saling menghormati. Dalam perjalanannya, Pancasila kita ini mengalami banyak gangguan, seperti G30S-PKI tahun 1965 atau pemberontakan DI/TII. Di masa depan, gangguan klasik itu mungkin ada seperti godaan ideologi baik kanan maupun kiri dengan radikalismenya, ujaran kebencian, SARA, ekonomi anti keadilan sosial maupun sikap anti dialog/musyawarah. Kalau mau bangsa ini langgeng dan utuh, mari jaga Pancasila kita agar selalu sakti. Lawan semua godaan, narasi atau provokasi yang menjauhkan kita dari Pancasila. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

 



Ridwan Kamil mengungkapkan, dalam perjalanannya Pancasila mengalami banyak gangguan. Diantaranya G30S PKI tahun 1965 atau pemberontakan DI/TII.

Dalam postingan tersebut, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini membagikan gambar sebuah tugu dengan patung burung garuda di pusatnya. Tugu itu tengah berusaha dirubuhkan oleh ‘sejumlah pekerja’.

Baca Juga: Terbukti Bersalah dalam Kasus Narkoba, Lucinta Luna Divonis 18 Bulan Penjara

‘Sejumlah pekerja’ tersebut merupakan gangguan yang akan datang di masa depan dan berusaha menggoyahkan Kesaktian Pancasila.

'Kalau mau bangsa ini langgeng dan utuh, mari jaga Pancasila kita agar selalu sakti. Lawan semua godaan, narasi atau provokasi yang menjauhkan kita dari Pancasila.***(Dhea Amellia/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x