Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4.0 Pagi Tadi

- 15 Maret 2024, 09:30 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

PANGANDRAN, PRFMNEWS - Gempa bumi kembali mengguncang kawasan Pangandaran dan sekitarnya pada hari ini Jumat, 15 Maret 2024 pagi sekitar pukul 08.29 WIB.

Berdasarkan catatan BMKG, gempa Pangandaran hari ini berkekuatan magnitudo 4.0.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa episenter atau pusat gempa terletak pada koordinat 7.99 lintang selatan dan 108.10 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 51 km.

Berdasarkan analisa BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa di Pangandaran hari ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Baca Juga: Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Terjang Garut, Sebabkan Kerusakan dan Pohon Tumbang

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa di Pangandaran hari ini turut dirasakan di wilayah Garut, Pangandaran, Cijulang, Pamengpeuk, Karangnunggal dengan Skala Intensitas III MMI atau seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian gempa juga turut dilaporkan terasa di Pengalengan dengan Skala Intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa Pangandaran pagi ini.

Baca Juga: Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi di Bandung Hingga Akhir Maret Nanti

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x