Ribuan Mahasiswa Ikut LAPOR! Goes To Campus di IPDN Jatinangor

- 23 Agustus 2023, 16:15 WIB
 LAPOR! Goes to Campus di IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu 23 Agustus 2023
LAPOR! Goes to Campus di IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu 23 Agustus 2023 /IWAN BAHARI/PRFM

PRFMNEWS - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPANRB), UNDP Indonesia dan KOICA melalui kerja sama tripartit dalam "Kemitraan KOICA-UNDP untuk Pengembangan Kapasitas Sistem Penanganan Pengaduan Nasional Terpadu (SP4N-LAPOR!) di Indonesia" menyelenggarakan LAPOR! Goes to Campus. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya komunikasi publik dan advokasi untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat muda dalam menggunakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Diperkirakan ada sekitar 2.000 peserta yang ikut serta dalam acara ini, termasuk mahasiswa IPDN Jatinangor dan universitas lain di sekitar wilayah Jatinangor, serta perwakilan dari lima kementerian/lembaga yang terlibat dalam SP4N-LAPOR! dan pemerintah daerah di Provinsi Jawa Barat, Kota dan Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Sumedang. Agenda LAPOR! Goes to Campus meliputi Seminar Kuliah Umum tentang "Digitalisasi Penanganan Pengaduan Layanan Publik", diikuti oleh Talk Show tentang "Peran Pemuda dalam Penyampaian Layanan Publik", serta pameran penanganan pengaduan layanan publik dan pertunjukan seni di dalam lokasi. Balairung Rudini IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu 23 Agustus 2023.

Merujuk pada Survei Kepuasan Masyarakat yang kami luncurkan pada Maret lalu, pengguna SP4N-LAPOR! didominasi oleh kelompok usia di bawah 35 tahun sebesar 60%, dan sekitar usia 17 hingga 25 tahun lebih dari 20%.

Baca Juga: Gen Z dan Milenial Doyan Utang, Anggota Komisi XI DPR RI: Literasi Keuangan Masih Rendah

Hal ini menunjukkan partisipasi aktif generasi muda dalam menggunakan teknologi untuk menyampaikan keprihatinan mereka tentang kualitas layanan publik. Upaya untuk meningkatkan partisipasi generasi muda perlu terus ditingkatkan guna mendukung terwujudnya layanan publik yang inklusif, termasuk bagi mahasiswa yang akan terus berinteraksi dengan layanan publik.

 LAPOR! Goes to Campus di IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu 23 Agustus 2023
LAPOR! Goes to Campus di IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu 23 Agustus 2023 IWAN BAHARI/PRFM

Kegiatan ini juga dihadiri secara virtual oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas. Dalam sambutannya, Menteri PANRB menegaskan bahwa SP4N-LAPOR! adalah jembatan revolusi layanan publik.

Tujuan acara ini untuk meningkatkan peran dan partisipasi aktif pemuda dalam mengelola pengaduan publik juga disambut baik oleh Wakil Perwakilan Residen UNDP Indonesia, Sujala Pant, dalam sambutannya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Buka Pendaftaran Volunteer West Java Festival 2023 Secara Online

"Partisipasi pemuda yang memiliki kesadaran teknologi tinggi sangat penting, di mana pemuda dapat menjadi advokat perubahan dalam pelaksanaan tata kelola yang baik," ujar Menteri PANRB.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x