DPRD Jabar Berharap Pemerintah Pusat Segera Cabut Moratorium Mengenai Pemekaran Daerah

- 30 Juni 2023, 19:00 WIB
Gedung DPRD Jabar.
Gedung DPRD Jabar. /Dok DPRD Jabar.

PRFMNEWS - Hingga saat ini pemerintah pusat masih belum mencabut moratorium mengenai pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru (DOB).

Berkaitan dengan hal ini, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat (Jabar) Achmad Ru’yat berharap pemerintah pusat segera mencabut moratorium pemekaran daerah.

Bahkan Achmad Ru’yat mendesak Komisi II DPR RI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera membahas 9 CDPOB yang diusulkan Pemprov Jabar.

Baca Juga: Ini Syarat Penting Agar Pemekaran Wilayah di Jabar Bisa Terealisasikan

“Kami dari DPRD Jawa Barat mendesak pemerintah pusat mencabut moratorium pemekaran daerah, dan mendesak dibahasnya 9 CDPOB oleh DPR RI bersaama Kemendagri. Mendesak stakeholder untuk segera dibahas,” tegas Achmad Ru’yat.

Adapun 9 CPDOB yang diusulkan Jabar ke Kemendagri adalah Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat, dan yang terbaru Kabupaten Subang Utara.

Pencabutan moratorium daerah khususnya bagi Jabar kata Achmad Ru’yat, demi keadilan masyarakat Jabar. Jabar dengan penduduk kurang lebih 50 juta tetapi hanya 27 kabupaten dan kota. Sementara Jawa Tengah 35 kabupaten/kota, dan Jawa Timur 38.

Baca Juga: Daftar 9 Calon Daerah Otonom Baru di Jabar

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x