Wabup Garut Harap Ada Program ‘Cimanuk Hirup’ Wujudkan Keindahan Sungai Cimanuk Seperti di Eropa

- 19 Juni 2023, 07:20 WIB
Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman.
Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman. /Diskominfo Garut/

PRFMNEWS – Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman menyatakan tertarik untuk menata kawasan di sekitar aliran Sungai Cimanuk yang dinilainya punya potensi keindahan agar mirip seperti di negara-negara Eropa.

Alasan Wabup Helmi Budiman ingin memanfaatkan keindahan Sungai Cimanuk untuk ditata agar mirip seperti konsep penataan daerah di Eropa karena melihat sungai ini mengalir menyusuri perkotaan dan sejumlah daerah di Kabupaten Garut.

“Sungai Cimanuk memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu sungai terbesar yang melewati sejumlah daerah termasuk perkotaan di Kabupaten Garut,” kata Helmi Budiman, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Disperindag ESDM Garut Berikan Layanan Sertifikasi Halal Gratis, Berikut Cara Daftarnya

"Jadikan sungai itu seperti halaman, karena sebenarnya sangat indah sungai itu, indah mana dengan jalan, indah sungai," tambahnya.

Namun, Helmi menyatakan, potensi keindahan Sungai Cimanuk untuk saat ini masih belum dapat dikembangkan sesuai konsep penataan daerah di Eropa yang diharapkannya itu.

Hal tersebut menurutnya karena masih banyak masyarakat yang lebih memilih membangun rumah mereka menghadap ke jalan daripada ke sungai, padahal pemandangan sungai seperti di negara lain lebih indah.

"Cuma di kita, karena sungainya masih kotor jadi (lebih) indah (membangun rumah) menghadap ke jalan, tapi ke depan seperti banyak negara di Eropa juga (menghadap) ke sungai," terangnya.

Baca Juga: Pemetaan Area Berpotensi Alami Kekeringan, Pemkab Garut Bersiap Hadapi Musim Kemarau

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah