Begini Kesiapan Pemprov Jabar Hadapi Ancaman El-Nino

- 15 Juni 2023, 10:30 WIB
Turbin pembangkit listrik tenaga air di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.
Turbin pembangkit listrik tenaga air di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. /Pikiran Rakyat/Yusuf Wijanarko/

PRFMNEWS - Seiring adanya fenomena El-Nino yang menyebabkan kemarau kali ini menjadi lebih panjang dan lebih kering, membuat pemerintah menyiapkan berbagai strategi.

Di Jawa Barat (Jabar), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar memastikan ketersediaan air di beberapa bendungan dan waduk masih sangat aman untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan air minum.

"Ketersediaan air pada bendungan yang terintegrasi dengan Sungai Citarum posisinya masih di atas normal alias aman," jelas Dikky dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 14 Juni 2023.

Baca Juga: Waspada Kekeringan Dampak El Nino Selama Musim Kemarau di Bandung Raya

Di Bendungan Jatiluhur seluas 230.000 hektare masih normal dalam mengoperasikan pergiliran air untuk keperluan irigasi sawah, belum ada perintah kegiatan bersifat khusus atau pengaturan ketat karena kekeringan.

Untuk mengantisipasi kekeringan dampak kekeringan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak bulan Mei sudah membuat program modifikasi cuaca atau hujan buatan, namun belum dilaksanakan hingga kini.

"Sudah ada rencana modifikasi cuaca sejak Mei, namun melihat kondisi normal dan masih ada hujan, saat ini belum dilakukan," ujar Dikky.

Baca Juga: Ada El Nino Membuat Musim Kemarau di Bandung Raya Diprediksi Lebih Lama dan Lebih Kering

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x