Waspada Kekeringan Dampak El Nino Selama Musim Kemarau di Bandung Raya

- 6 Juni 2023, 15:10 WIB
Ilustrasi Kemarau / Pixabay
Ilustrasi Kemarau / Pixabay /

PRFMNEWS – BMKG meminta pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat, mewaspadai dampak fenomena El Nino yang dapat membuat musim kemarau berlangsung lebih lama dan lebih kering.

Periode bulan yang diprediksi terjadi El Nino dan berpotensi memicu musim kemarau panjang tahun 2023 ini hingga mengakibatkan kekeringan di wilayah Bandung Raya disampaikan BMKG.

Wilayah Bandung Raya yang berpotensi terdampak kekeringan akibat El Nino, kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu, yakni mencakup Kota Cimahi, Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, serta Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Pemetaan Area Berpotensi Alami Kekeringan, Pemkab Garut Bersiap Hadapi Musim Kemarau

"Apabila El Nino ini terjadi, maka wilayah Jawa Barat akan termasuk pada wilayah terdampak El Nino di Indonesia, termasuk juga wilayah Bandung Raya," ujar Teguh Rahayu, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Teguh menyebut, rentang periode waktu diprakirakan wilayah Bandung Raya memasuki musim kemarau yaitu antara bulan Mei dasarian II hingga Juni dasarian I.

El Nino, tambahnya, adalah fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normal di Samudra Pasifik bagian tengah.

Baca Juga: Warga Sampaikan Aspirasi Ingin CFD Dago Digelar Setiap Pekan

Kondisi ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudra Pasifik tengah serta mengurangi curah hujan dan memicu terjadinya kekeringan di wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x