Ada El Nino Membuat Musim Kemarau di Bandung Raya Diprediksi Lebih Lama dan Lebih Kering

- 6 Juni 2023, 13:40 WIB
Ilustrasi panen padi.
Ilustrasi panen padi. /*Rifki Abdul Fahmi/PRFM/

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kemarau di wilayah Bandung Raya akan lebih lama dan lebih kering dampak dari fenomena El Nino.

Demikian hal ini disampaika oleh Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu yang meminta pemerintah daerah dan masyrakat di Bandung Raya untuk mewaspadai kemungkinan terjadi kekeringan selama musim kemarau tahun ini.

"Apabila El Nino ini terjadi, maka wilayah Jawa Barat akan termasuk pada wilayah terdampak El Nino di Indonesia, termasuk juga wilayah Bandung Raya," kata Selasa, 6 Juni 2023 dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Antisipasi Dampak El Nino di Indonesia, Luhut: Mari Bersiap Dini Cegah Pengalaman Buruk 8 Tahun Lalu

Sebagai informasi, fenomena El Nino adalah fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normal di Samudra Pasifik bagian tengah yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudra Pasifik tengah serta mengurangi curah hujan dan memicu terjadinya kekeringan di wilayah Indonesia.

Rahayu menyatakan, El Nino yang diprediksi terjadi ini membuat wilayah Bandung Raya yang mencakup Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang akan lebih kering dari biasanya.

Hal ini pun akan meningkatkan risiko kekeringan, kekurangan air bersih, kebakaran hutan dan lahan, hingga gangguan produksi pangan.

Baca Juga: Dampak El Nino 2024 di Indonesia Berpotensi Picu Kekeringan dan Penurunan Produksi Padi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x