Refleksi HUT Jabar ke-75, Guru Besar UPI Sebut Pengangguran Masih Jadi Persoalan

- 19 Agustus 2020, 13:38 WIB
WARGA berfoto di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (31/7/2020).  ADE BAYU INDRA/"PR"
WARGA berfoto di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (31/7/2020). ADE BAYU INDRA/"PR" /

PRFMNEWS - Provinsi Jawa Barat (Jabar) genap berusia 75 tahun pada hari ini Rabu 19 Agustus 2020. Pada peringatan HUT ke-75, Pemprov mengusung tema Inovasi dan Berbudaya.

Pengamat Kebijakan Publik sekaligus Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Cecep Darmawan menilai banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum di usia Jabar ke-75 ini.

Sejumlah 'PR' yang perlu menjadi catatan di antaranya terkait pengangguran, ketimpangan sosial, pemerataan pembangunan, kesejahteraan, dan pendidikan.

"Kaitan dengan pengangguran, ketimpangan atau disparitas antara masyarakat, keadilan, kesejahteraan, pendidikan dan kue pembangunan di Jabar harus bisa dinikmati semua," kata Cecep saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 19 Agustus 2020.

Baca Juga: Jokowi Putuskan Pengganti Cuti Bersama Lebaran Jatuh pada 28 Sampai 31 Desember 2020

Terkait pemerataan pembangunan, dia menyoroti mengenai orientasi pembangunan yang Bandung sentris.

Menurutnya, pembangunan harus merata, jangan hanya di wilayah tengah saja.

"Orientasi pembangunan jangan Bandung sentris, harus meluas dengan wilayah yang sedemikian luas. Dibagi bagaimana kue-kue pembangunan Jabar bisa dirasakan oleh semua pihak," katanya.

Untuk itu, dalam proses pembangunan, dia mengatakaan harus terjalin kerjasama yang solid dari apa yang disebut dengan pentahelix, 5 unsur penting dalam pembangunan yang disingkat ABCGM (Akademisi, bisnis, community, goverment, dan media. 

"Akademisi, bisnis, community (masyarakat), goverment (pemerintah), dan media. Kalau kelima elemen penting ini banyak terlibat dalam proses pembangunan dari perencanaan, musyawarah, Insya Allah ketimpangan dan segala macam bisa tereliminir," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x