Tindaklanjuti Arahan Menko Maritim, Kapolda Jabar Cek Jalur Kereta Cepat Sejauh 100 KM

- 13 Mei 2023, 09:50 WIB
Kapolda Jabar dan jajaran cek Jalur Kereta Cepat
Kapolda Jabar dan jajaran cek Jalur Kereta Cepat /Polda Jabar

PRFMNEWS - Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus bersama Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Asep Syarifudin, Wakapolda Jabar dan PJU Polda Jabar melakukan pengecekan jalur Kereta Cepat Jakarta - Bandung, pada Jumat 12 Mei 2023.

Pengecekan dilakukan menjelang test commising (uji fungsi) tahap awal pada 15 Mei mendatang. Turut mendampingi pengecekan tersebut, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, dan Direktur HR, SSHE dan Aset, Adhi Priyatno Putro.

Kegiatan ini menindaklanjuti arahan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam rapat koordinasi pengamanan kereta cepat Jakarta - Bandung. 

Baca Juga: Gapeka 2023, Waktu Tempuh 140 Perjalanan Kereta Api Makin Singkat, Ada yang Lebih Cepat 78 Menit

"Dalam arahannya Bapak Menko menjelaskan bahwa pengamanan melibatkan TNI-Polri," kata Adhi dalam keterangannya.

Pengecekan dilakukan dengan menggunakan kereta inspeksi dari Stasiun Tegalluar (DK 143) Kabupaten Bandung hingga Stasiun Karawang dengan menempuh perjalanan lebih dari 100 kilometer.

Dari pantauan, pengecekan menggunakan kereta inspeksi dengan kecepatan 30 kilometer per jam ditempuh dalam waktu sekitar lima jam. Sepanjang perjalanan, Kapolda dan Kasdam mendapat penjelasan dari pihak KCIC terkait kesiapan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Kapolresta Bandung Ingatkan Pekerja KCIC Tidak Lakukan Pencurian Sekecil Apapun karena Bisa Berdampak Besar

Menurut Adhi, dari hasil pengecekan terdapat beberapa titik rawan yang masih dalam proses penyelesaian. Titik rawan itu diantaranya batas antara lahan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan jalan umum atau permukiman penduduk yang belum dipasangi pagar pengaman (pagar dan kawat berduri).                         

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x