Jembatan Darurat Cikereteg Sudah Dibuka, Tidak Semua Jenis Kendaraan Boleh Lewat

- 14 Maret 2023, 21:19 WIB
Jembatan bailey Cikereteg Sukabumi-Bogor siap digunakan.
Jembatan bailey Cikereteg Sukabumi-Bogor siap digunakan. /Twitter @pupr_dkijabar


PRFMNEWS – Jembatan Bailey Cikereteg, Ciawi, Kabupaten Bogor selesai dibangun dan sudah dibuka untuk bisa dilewati kendaraan mulai Senin, 13 Maret 2023 bertepatan dengan agenda uji coba jembatan darurat tersebut.

Tidak semua jenis kendaraan boleh melewati jembatan darurat Cikereteg penghubung Bogor-Sukabumi itu. Hanya kendaraan kecil dengan berat maksimal 8 ton dan tinggi 2,1 meter yang diizinkan melintas.

Jembatan bailey Cikereteg dibuka secara fungsional untuk pengendara sepeda motor, angkot, mobil pribadi, dan kendaraan kecil lainnya sambil menunggu jembatan permanen selesai dibangun.

Baca Juga: Tak Kunjung Diperbaiki, Jembatan Cikereteg Sukabumi-Bogor Akhirnya Longsor dan Terputus 2 Arah

Sementara kendaraan besar seperti bus dan truk tidak diperbolehkan lewat di jembatan sementara Cikereteg itu dan tetap dialihkan ke Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

“Kendaraan dengan muatan dan dimensi lebih dihimbau untuk melalui tol Bocimi,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin di sela-sela uji coba jembatan bailey Cikereteg.

Sementara itu, Kepala UPT Wilayah II Jembatan Ciawi Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Rizky Akbar menyampaikan, kewenangan perbaikan dan operasional jembatan di jalan nasional Sukabumi – Bogor tersebut ada di Kementerian PUPR.

Baca Juga: Imbas Jembatan Cikereteg Longsor, Plt Bupati Bogor Minta Jalur Alternatif ini Dibuka 24 Jam

Meski demikian, Rizky memastikan pihaknya senantiasa melakukan koordinasi untuk membantu menangani jalan nasional yang sempat terputus karena ambruknya Jembatan Cikereteg akibat longsor. Salah satunya harus menyiapkan akses jalan pengalihan.

“Kami sudah siapkan jalan alternatif seperti Cikereteg, Pancawati sampai tembus nanti ke ruas jalan Gadog. Untuk kendaraan kecil bisa menggunakan jembatan bailey Cikereteg, sementara untuk kendaraan kendaraan besar memang diarahkannya langsung masuk ke jalan tol (Bocimi),” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x