Perluas Layanan, Pemprov Jabar Harap Octopus Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Kelola Sampah Sendiri

- 2 Maret 2023, 19:00 WIB
Pemprov Jabar Harap Octopus Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Kelola Sampah di Rumah
Pemprov Jabar Harap Octopus Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Kelola Sampah di Rumah /

PRFMNEWS - Sebanyak 60 persen sampah yang dihasilkan dari rumah tangga di Jawa Barat belum dapat dikelola dengan baik.

Hal ini berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat. Diketahui, produksi sampah rumah tangga per hari bisa mencapai 25 ribu ton dengan 60 persen sampah organik dan 40 persen sampah anorganik.

Pengelolaan sampah tidak bisa terselesaikan jika hanya mengandalkan pemerintah, tetapi perlu peran serta masyarakat untuk mengolah sampah sendiri dari rumah.

Baca Juga: Ubah Sampah Jadi Berharga Puluhan Juta dengan Gabung Jadi Pelestari ‘Octopus’

Untuk itu, Kepala DLH Jawa Barat, Prima Mayaningtyas berharap kehadiran Octopus dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah sebelum dibuang ke TPA.

”Kami berharap melalui kerja sama antara Octopus dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah dari rumah sebagai upaya mengurangi timbulan sampah ke TPA," kata Prima, Kamis 2 Maret 2023.

Octopus adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi daur ulang sampah. Octopus saat ini telah memperluas layanannya di Bogor, Depok, dan Bekasi.

Baca Juga: Menyambut Ramadhan, Bank Sampah Induk Kota Bandung Adakan Program Nabung Sampah Tukar Minyak Goreng

Hal ini merupakan bentuk dukungan Octopus terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengurangi sampah di Tempat Pembuangan Akhir. Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Barat akan pentingnya memilah dan mendaur ulang sampah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x