Bupati Cianjur Ajukan Uang Duka untuk 600 Korban Meninggal Akibat Gempa

- 14 Desember 2022, 11:15 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman/Instagram Humas Pemkab Cianjur
Bupati Cianjur Herman Suherman/Instagram Humas Pemkab Cianjur /

PRFMNEWS - Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, Pemkab Cianjur mengajukan uang duka untuk 600 korban meninggal akibat gempa Cianjur kepada pemerintah pusat.

Herman menjelaskan, jumlah korban meninggal yang tercatat resmi berjumlah 335 orang, tapi setelah dilakukan pendataan ulang dari masing-masing desa mendapati 200-an lebih korban meninggal tidak terdata.

"Sebagian besar korban yang tidak terdata karena langsung dimakamkan pihak keluarga tanpa mengurus surat kematian karena berbagai hal termasuk kantor desa yang rusak berat dan tidak ada staf yang bertugas. Kami akan mengajukan uang duka ke pemerintah pusat yang nantinya akan diterima ahli waris " ujar Herman dikutip dari ANTARA, Selasa 13 Desember 2022.

Baca Juga: Ridwan Kamil: 8 Ribu Penerima Bantuan Renovasi Rumah Gempa Cianjur Sudah Terverifikasi

Ia menuturkan, dari 600 korban meninggal itu paling banyak berada di Kecamatan Cugenang. Adapun delapan orang masih dalam pencarian.

Camat Cugenang Kokom Komariah menjelaskan, banyaknya korban meninggal yang tidak masuk data resmi karena pihak keluarga langsung memakamkan tanpa melapor ke aparat.

Baca Juga: Ditinjau Jokowi, Begini Spesifikasi Rumah Tahan Gempa yang Dibangun di Cianjur dengan 2 Skema

"Sebagian besar yang tinggal di pelosok memilih langsung memakamkan anggota keluarganya yang meninggal, sehingga saat dilakukan pendataan pada hari ke empat saja sudah terdata 200 orang korban meninggal," tuturnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x