Meski Sudah Tak Ada PSBB, IDI Jabar Tetap Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

- 27 Juni 2020, 10:34 WIB
Penggunaan Masker.
Penggunaan Masker. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Meski Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jawa Barat sudah resmi tak akan diperpanjang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tetap mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Ketua IDI Jawa Barat Eka Mulyana mengatakan, disiplin protokol kesehatan tetap penting dilakukan demi mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran COVID-19. Karena, saat ini pandemi COVID-19 di Indonesia masih berlangsung dan belum mereda.

Baca juga: PSBB Tak Diperpanjang, DPRD Jabar Khawatir Masyarakat Anggap Pandemi Telah Usai

"Bagaimanapun pandemi COVID-19 ini masih berlangsung dan belum reda. Sehingga apapun langkah yang akan diambil, baik PSBB ataupun AKB, tetap disiplin protokol kesehatan. Jangan berkurang, bahkan tetap tingkatkan. Tujuannya untuk mengantisipasi, menurunkan, atau menekan, dan memutus rantai penularan COVID-19," ujar Eka saat on air di Radio PRFM, Sabtu (27/6/2020).

Menurutnya, saat ini masyarakat masih terbagi antara yang disiplin protokol kesehatan dan yang merasa keadaan sudah normal kembali. Eka menanggap hal ini sebagai salah satu yang harus diwaspadai.

Baca juga: Memasuki Masa AKB, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Tetap Ditutup

Masyarakat seharusnya sudah mulai sadar bahwa penularan virus corona atau COVID-19 ini berbeda dengan penyakit yang lain. Penyakit ini bisa menular dari orang tanpa gejala (OTG) yang secara kasat mata tidak bisa diidentifikasi.

"Pada penyakit COVID-19 ini, orang-orang yang kelihatannya sehat, tidak sakit, bisa menularkan. Ini yang disebut OTG. Ini ada dimana-mana dan tidak bisa dilihat kasat mata. Ini yang harus disadarakan. COVID-19 ini masih sangat menular dan masih berlangsung wabahnya," jelas Eka.

Oleh karena itu, Eka menyarankan masyarakat seharusnya melawan virus corona dengan CINTA. CINTA yang dimaksud adalah C (cuci tangan sesering mungkin), I (ingat jangan berkerumun dan hindari keramaian), N (nongkrong di rumah aja), T (tiap hari pakai masker), dan A (aman selalu jaga jarak).***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x