Berikut Kabupaten dan Kota di Jawa Barat yang Diperkirakan Alami Cuaca Ekstrem Pada 9 Oktober 2022

- 8 Oktober 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem di kota dan kabupaten di Jawa Barat pada 9 Oktober 2022.
Ilustrasi cuaca ekstrem di kota dan kabupaten di Jawa Barat pada 9 Oktober 2022. /Pixabay/FelixMittermeier/

PRFMNEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca ekstrem yang akan terjadi di sejumlah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang dan petir melanda sebagian besar wilayah di Indonesia sejak awal bulan Oktober lalu.

Adapun penyebab cuaca ekstrem dikarenakan indikasi dinamika atmosfer yang signifikan. Serta aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin, sehingga adanya peningkatan curah hujan dan pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga: Bobotoh Gelar Doa Bersama untuk Tragedi Kanjuruhan di GOR Saparua

Sehingga masyarakat diharapkan bisa lebih waspada terutama bila melakukan aktivitas di luar rumah.

Disampaikan oleh BMKG Jawa Barat, berikut wilayah yang diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang:

- Siang/sore hingga malam

Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Baca Juga: DICARI! Motor Mio Sporty Warna Putih, Hilang di Gedebage Kota Bandung Hari Ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x