BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Ekstrem Hari Ini untuk Wilayah Berikut di Jawa Barat

- 5 Oktober 2022, 10:45 WIB
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan //Pendengar PRFM via Twitter @algifs


PRFMNEWS – Dalam beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di Indonesia diguyur hujan lebar termasuk di antaranya Jawa Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyampaikan terkait dampak dari hujan lebat ini seperti banjir, erosi, longsor dan sejumlah jalan yang tak dapat diakses.

Oleh karenanya diharapkan masyarakat bisa lebih waspada saat beraktivitas di luar rumah karena cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi hingga 8 Oktober 2022.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi di Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Hingga 8 Oktober 2022

BMKG Jawa Barat merilis prakiraan cuaca ekstrem untuk wilayah Jawa Barat pada hari ini 5 Oktober 2022, sebagai berikut:

Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kab Majalengka, Kab Garut, Kab Cirebon, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Pangandaran, Kab Kuningan, Kab Ciamis, Kota Banjar.

Baca Juga: CEK FAKTA: Video Longsor Jalur Gunung Gelap Cikajang-Pameungpeuk Terputus ? Begini Faktanya

Baca Juga: Jangan Diabaikan, 8 Makanan Ini Berpotensi Merusak Ginjal dengan Cepat, kata dr.Ema

Adapun penyebab terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah sempat dijelaskan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, terjadi dikarenakan adanya indikasi dinamika atmosfer yang signifikan.

Serta aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin, sehingga adanya peningkatan curah hujan dan pertumbuhan awan hujan.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x