Pihak Sekolah Berikan Penjelasan Soal Dugaan Pungli PPDB di SMKN 5 Bandung

- 24 Juni 2022, 13:45 WIB
SMKN 5 Bandung berikan penjelasan terkait dugaan pungli PPDB.
SMKN 5 Bandung berikan penjelasan terkait dugaan pungli PPDB. /Tommy Riyadi

 

PRFMNEWS - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Jawa Barat (Jabar) mengungkap kasus dugaan pungli yang terjadi di SMKN 5, Bandung pada Kamis, 24 Juni 2022 kemarin.

Pihak sekolah menjelaskan, kedatangan Tim Saber Pungli ke SMKN 5 Bandung untuk menanyakan aduan masyarakat berkenaan uang iuran pramuka siswa yang lolos penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022.

"Bapak-bapak saber pungli itu datang sebetulnya di hari kedua setelah di hari pertamanya, dapat aduan dari salah satu orang tua siswa yang belum puas (mengenai iuran pramuka). Dan kami sampaikan kronologi yang jelasnya seperti apa," kata Wakasek Bidang Kesiswaan SMK 5 Kota Bandung Erwin Basuki ditemui di SMKN 5 Bandung Jalan Bojongkoneng, Kota Bandung, Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Gratis Nonton Konser Malam Puncak HUT ke-495 Jakarta di JIS, Lengkap Syarat dan Ketentuannya

Erwin menjealskan, pihak sekolah usai PPDB memang memberikan informasi kepada orang tua siswa mengenai rencana kegiatan perkemahan pramuka di SMKN 5 Bandung pada 18 Juni 2022.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para orang tua siswa, salah satunya iuran yang sudah disepakati bersama orang tua siswa dan komite sekolah untuk kegiatan tersebut.

Atas informasi tersebut, sejumlah orang tua siswa berinisiatif menitipkan uang pembayaran itu ke sekolah. Namun, pria yang juga menjabat sebagai Ketua PPDB SMKN 5 Bandung ini tak menyebut berapa iuran yang harus dibayar orang tua untuk kegiatan pramuka.

"Karena ada sebagian orang tua yang sudah membawa uang, terus katanya takut habis uangnya, jadi dititipkan ke kami karena takut habis duluan uangnya. Akhirnya berkembang informasinya seolah-olah dari kami ada pemaksaan, padahal tidak benar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x