Jika Pandemi Tak Berakhir di Juni-Juli, FAGI Harapkan Perpanjangan Semester Genap

- 14 April 2020, 09:01 WIB
ILUSTRASI belajar di rumah.*
ILUSTRASI belajar di rumah.* /ANTARA

BANDUNG,(PRFM) - Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) wilayah Jawa Barat Iwan Hermawan menilai jika kegiatan belajar di rumah pada masa pandemi corona ini berlanjut hingga Agustus-September 2020 nanti, maka diusulkan perpanjangan masa pembelajaran di semester genap hingga Desember 2020.

"Ini jika Pandemi COVID-19 minimal berlanjut setidaknya sampai pertengahan semester ganjil atau sekitar Agustus-September. Karena dengan kondisi sekarang kami melihat dengan kondisi daring yang diinstruksikan mendikbud tidak mengejar kurikulum sehingga tujuan kurikulum tidak tercapai," ucapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: Exco PSSI : Wasekjen PSSI Belum Tentu Naik Jabatan Jadi Sekjen PSSI

Iwan menjelaskan, di masa sekolah di rumah, kebanyakan materi belajar adalah yang berkaitan dengan COVID-19. Dengan demikian materi ajar atau kurikulum yang harusnya dicapai para siswa tidak terpenuhi.

"Kami para guru sudah tidak bisa lagi mengejar target sesuai kurikulum. Nah dengan demikian jelas kalau ini berkepanjangan, kualitas siswa itu akan berbeda dengan lulusan-lulusan tahun sebelumnya, atau kenaikan kelas itu beda dengan kompetensi yang disyaratkan," sebutnya.

Disebutkan Iwan, kondisi ini sempat terjadi pada tahun 1978 silam. Namun demikian, dia berharap pada medio Juni-Juli kondisi sudah normal sehingga proses belajar mengajar kembali normal.

Baca Juga: KSPI Ragukan Data PHK yang Dikeluarkan Pemerintah

Terkait usulan ini, Iwan sebut, belum menyampaikannya secara tertulis kepada kemendikbud atau dinas pendidikan setempat.

"Sementara ini kami baru menyampaikan di beberapa media baik nasional maupun daerah kita sampaikan usulan ini," ucapnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x