Grab dan Sat Lantas Polrestabes Bandung Bagikan Masker Gratis untuk Pengendara

- 25 Maret 2020, 17:30 WIB
 GRAB Jawa Barat dan Satlantas Polrestabes Bandung membagikan masker di 5 ruas jalan protokol di Kota Bandung, Senin (23/3/2020).*
GRAB Jawa Barat dan Satlantas Polrestabes Bandung membagikan masker di 5 ruas jalan protokol di Kota Bandung, Senin (23/3/2020).* /DOK. GRAB

BANDUNG,(PRFM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan instruksi kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah sejak tanggal 16 Maret 2020.

Sejalan dengan itu, Grab mengeluarkan kebijakan. Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemi COVID-19 melalui gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk diantaranya di Bandung dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Grab membagikan masker di 5 titik vital di Kota Bandung, di antaranya Dago, Pasteur, Merdeka dan Asia Afrika.

Baca Juga: Pelaksanaan Rapid Test di Jawa Barat Dinilai Kurang Merata

Partner Engagement Strategy Lead Grab Indonesia Jawa Barat, Mawaddi Lubby mengatakan, pembagian masker diprioritaskan terlebih dahulu bagi masyarakat pengguna jalan yang melintasi daerah-daerah tersebut guna melindungi diri dari risiko terinfeksi virus.

“Gerakan #KitaVSCorona merupakan langkah awal kepada seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19. Langkah selanjutnya, kita telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra kami di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Bandung dan sekitarnya,” jelas Lubby, Senin (23/3/2020).

Baca Juga: Update 25 Maret 2020, Positif COVID-19 di Indonesia Jadi 790 Kasus

Menurut Lubby, dasar pemilihan lokasi dimaksud merupakan hasil koordinasi dengan Sat Lantas Polrestabes Bandung dan Dishub Kota Bandung.

Sebab, daerah-daerah tersebut dinilai lebih ramai dilalui oleh pengendara dibanding daerah lainnya, meski sudah adanya imbauan untuk social distancing dan beraktifitas dari rumah oleh Pemerintah Kota Bandung.

“Kami bersama Grab dan juga Dinas Perhubungan Kota Bandung peduli akan masyarakat, dan program ini sebagai bentuk empati Kami terhadap masyarakat. Mengingat bahwa saat ini pandemi COVID-19 sudah cukup mengkhawatirkan, dan sekarang juga masyarakat cukup sulit mendapatkan masker,” ujar Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo.

Baca Juga: Istana BEC Tutup Sementara Untuk Antisipasi Corona

Di saat situasi tidak menentu seperti sekarang, kata Bayu, masyarakat sangat membutuhkan alat kesehatan untuk mencegah penyebaran virus, sebab semua orang berpotensi untuk menjadi penyebar virus.

“Bayangkan saja kalau satu anggota keluarga pulang membawa virus, keluarga di rumah ada empat orang, lalu mereka berinteraksi dan tanpa sadar menularkan kepada orang lain, maka akan sulit untuk dikendalikan,” ucap Bayu.

Baca Juga: Gerakan Disinfektan Bandung Lakukan Penyemprotan di Kantor PRFM

GRAB menyemprotkan disinfektan.*
GRAB menyemprotkan disinfektan.* DOK. GRAB

Di waktu yang sama, Grab juga menyediakan pos desinfektan gratis untuk Mitra Pengemudi. Program ini merupakan kerjasama dengan Stop Corner Car Wash Bandung untuk mengantisipasi penyebaran virus corona melalui Mitra Pengemudi maupun Penumpang Grab.

Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer kepada beberapa bagian luar dan dalam kendaraan menggunakan cairan desinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

Menurut Mawaddi Lubby, proses desinfeksi akan cukup efektif sebagai bagian dari upaya mengendalikan penularan COVID-19 jika rutin dilakukan.

Baca Juga: Cegah Corona, Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung Batasi Pelayanan

“Melalui program ini, Grab ingin memberikan rasa aman yang lebih bagi mitra pengemudi maupun pelanggan. Kami bekerjasama dengan Partner bisnis Grab yang terpercaya untuk menyediakan desinfektan untuk kendaraan Mitra Pengemudi, baik GrabBike maupun GrabCar. Dan program ini dirancang secara gratis untuk 200 Mitra Pengemudi Grab melalui program GrabBenefit,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa program desinfektan ini diharapkan dapat rutin dilaksanakan selama beberapa waktu kedepan, setidaknya hingga pandemi COVID-19 mereda.

Selain itu, Grab juga menyediakan layanan cuci atribut dan kendaraan secara Gratis bagi Mitra Grab.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x