Jabar Command Center Turut Difungsikan untuk Pantau Virus Corona

- 10 Maret 2020, 21:34 WIB
Suasana Command Center yang berada di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung.
Suasana Command Center yang berada di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung. /Dok Humas Pemprov Jabar


BANDUNG, (PRFM) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Gedung Jabar Command Center yang berlokasi di Kawasan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (10/3/2020).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat Setiaji menuturkan, Command Center difungsikan untuk mengawasi dan mengamati berbagai hal, khususnya pelayanan publik dan penanggulangan bencana.

Jabar Command Center ini, kata Setiaji, turut difungsikan sebagai pusat informasi dan koordinasi terkait wabah virus corona (COVID-19).

“Kita pantau melalui Command Center. Agar respons kita ke masyarakat bisa lebih cepat,” kata Setiaji saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa (10/3/2020).

Terkait penanggulangan kebencanaan, lanjut Setiaji, Command Center diproyeksikan sebagai pusat data dan informasi untuk melakukan prediksi-prediksi potensi bencana alam di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga: 27 Orang Dinyatakan Positif Terpapar Virus Corona di Indonesia

“Bisa melakukan upaya-upaya pencegahan karena dari Command Canter bisa diketahui melalui data dan akhirnya bisa dilakukan prediksi-prediksi bencana alam dan seperti penanganannya,” ungkapnya.

Selain itu, Command Center tersebut akan dibuka untuk masyarakat yang ingin berwisata sekaligus mengedukasi diri terkait penanggulangan bencana.

“Di Command Center juga ada wahana publik untuk edukasi kebencanaan serta melihat langsung visualisasi program-program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rencananya tanggal 21 Maret mendatang wahana publik ini akan kami buka. Ini juga menjadi satu rangkaian pendukung Gedung Sate sebagai ruang terbuka untuk publik,” tutup Setiaji.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah