Tahun Ini, 6 Kota Di Jawa Barat Akan Miliki Gedung Creative Center

- 24 Februari 2020, 17:09 WIB
ILUSTRASI*
ILUSTRASI* /PIXABAY/

BANDUNG, (PRFM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana membangun gedung creative center di beberapa daerah. Nantinya akan dibangun juga studio animasi di dalamnya. Hal itu merupakan upaya Pemprov Jabar untuk mendorong potensi industri film animasi, yang merupakan salah satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Azis Zulficar mengatakan, tahun ini sebanyak enam gedung creative center direncanakan rampung dibangun. Ada pun lokasinya berada di Bogor, Purwakarta, Cirebon, Subang, Tasikmalaya, dan Bekasi.

"Tahun ini kalau lancar di enam Kabupaten/Kota akan selesai pembangunannya. Selanjutnya nanti kami akan berkerja sama dengan Disparbud Kota/Kabupaten untuk pengelolaan gedung creative center tersebut," ujar Azis saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (24/2/2020).

Dirinya mengatakan bahwasannya potensi anak muda di Jawa Barat sangatlah menjanjikan, terutama di bidang industri film dan animasi. Oleh karena itu, Disparbud Jabar menyediakan wadah yang salah satunya melalui gedung creative center.

"Sebetulnya anak muda Jabar itu sangat potensial sekali untuk didorong dan di-upgrade, khususnya dalam industri film dan animasi. Sebetulnya ini sangat potensial sekali untuk animator yang ada di Jabar," tuturnya.

Tidak hanya animasi, nantinya gedung creative center yang akan dibangun ini diharapkan juga bisa mengembangkan sektor industri kreatif lain seperti kriya, fashion, maupun kuliner. Azis menargetkan pada tahun 2022 atau 2023 seluruh Kabupaten/Kota bisa mempunyai gedung creative center.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah