Wagub Uu Pastikan Jabar Punya Prioritas Tingkatkan Ekonomi Desa, Ini Programnya

- 24 Juni 2021, 10:57 WIB
  Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum /Dok Humas Jabar.

PRFMNEWS - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum kembali memastikan Pemprov Jabar memprioritas upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di desa.

Ia menjelaskan, saat ini Jabar punya beberapa program untuk mendukung desa, di antaranya adalah Desa Digital, Satu Desa Satu Produk, Gerbang Desa, SMK Membangun Desa, dan lainnya.

Pemprov Jabar diakuinya terus berusaha membuat masyarakat desa seperti petani dapat menjual produk komoditasnya dengan harga tinggi karena langsung dipasarkan ke konsumen, tanpa tengkulak.

Baca Juga: Sandiaga Ingin Desa jadi Lokomotif Kebangkitan Pariwisata

"Desa Digital, memperpendek mata rantai produk petani, petani mau jual ngga usah ke tengkulak lagi, diusahakan lewat digital online, pembeli bisa MoU langsung," ujar Uu dalam wawancara yang diterima PRFM, Kamis 24 Juni 2021.

Uu menegaskan, pemerintah berpihak kepada masyarakat desa karena ingin mewujudkan misi 'hidup di desa, pendapatan kota, bisnis mendunia'.

Oleh karena itu, ia punya program Gerbang Desa yakni Gerakan Membangun Desa dengan memanfaatkan SDM di desa dan dipadukan dengan potensi SDA di desa.

Baca Juga: Guru Dimarahi Karena Unggah Jalan Rusak, KIP Jabar: Harusnya Aparat Desa Berterimakasih, Bukan Marah-Marah

Melalui program tersebut, Uu tidak ingin pemuda di desa banyak melakukan urbanisasi ke kota, lalu kembali ke desa saat sudah tidak produktif lagi, dan akhirnya desanya tidak berkembang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x