Sandiaga Ingin Desa jadi Lokomotif Kebangkitan Pariwisata

- 2 Mei 2021, 19:44 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat mengunjungi salah satu desa wisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat mengunjungi salah satu desa wisata /Dok Kemenparekraf.

PRFMNEWS - Sandiaga Uno menginginkan desa menjadi lokomotif kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu bahkan ingin desa menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif secepat mungkin.

Ia pun mengharapkan, program penobatan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 menjadi salah satu cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Parkir Liar Mendadak Muncul di Belakang Rumah Dinas Wali Kota Bandung

Sandiaga menyebutkan bahwa program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 tersebut diselenggarakan guna menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia dan berdaya saing.

Sesuai RPJMN 2020 - 2024, Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024 mendatang.

Diharapkan Sandiaga, jumlah desa wisata mandiri bisa melebih target yang dicanangkan mengingat besarnya potensi desa wisata dimana tercatat terdapat di 74 ribu desa di Indonesia.

Baca Juga: CEK FAKTA: Pemerintah Indonesia Cabut Larangan Mudik Lebaran 2021?

"Kami memetakan ada 1.200 potensi desa wisata di tanah air yang siap dikembangkan secara berkelanjutan karena memiliki nilai kearifan lokal dan budaya yang kuat. Ini menjadi target kita kedepan,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x