Ke Kasepuhan Ciptagelar, Ridwan Kamil Ingin Pastikan Perlindungan Masyarakat Adat Terjamin di Tengah Pandemi

- 25 Maret 2021, 10:11 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu 24 Maret 2021.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu 24 Maret 2021. /Humas Jabar/Pipin/

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin memastikan perlindungan terhadap seluruh Warga Jawa Barat, tak terkecuali masyarakat adat terjamin di saat pandemi covid-19. Oleh karenanya pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu kemarin.

"Sebagai gubernur, saya harus memastikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat berlangsung baik selama COVID-19," kata Kang Emil.

Hingga saat ini, Kasepuhan Ciptagelar nol kasus COVID-19. Menurut Kang Emil, kasus terkonfirmasi COVID-19 mayoritas berada di perkotaan. Semakin jauh dari pusat kota, semakin kecil kasus COVID-19.

Baca Juga: Demi Menjaga Kredibilitas, Kemenag Tak Akan Beri Toleransi Pada KUA yang Lakukan Pungli

Selain itu, kata Kang Emil, masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar disiplin menjaga lingkungannya dari penularan COVID-19.

"Dalam pandangan saya COVID-19 ini penyakit kota. Kasus banyaknya di kota seperti di Jabodetabek. Tapi kalau sudah ke gunung-gunung, pedalaman, semakin kecil kasus COVID-19," tuturnya.

Kang Emil mengucapkan maaf kepada masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar karena dalam setahun kebelakang baru bisa kembali mengunjungi kasepuhan-kasepuhan yang ada di Jabar.

Baca Juga: [CATAT] Begini Prosedur dan Cara Mengurus Tilang Elektronik di Kota Bandung

"Selama setahun ini saya mohon maaf belum ada kesempatan mendatangi kasepuhan-kasepuhan atau kampung-kampug adat, baru kali ini lagi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x