Libur Nataru, Ratusan Ribu Kendaraan Lintasi Jalur Selatan Nagreg

- 28 Desember 2020, 10:27 WIB
  Arus lalin di kawasan Nagreg pada Minggu 27 Desember 2020 malam.*
Arus lalin di kawasan Nagreg pada Minggu 27 Desember 2020 malam.* /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

 

PRFMNEWS - Meski Pemerintah menghimbau untuk tidak bepergian saat cuti bersama dan libur Nataru 2020, namun pergerakan masyarakat tidak bisa ditahan.

Bahkan, pengetatan persyaratan protokol kesehatan perjalanan yang diharuskan tidak menyurutkan keinginan warga untuk berlibur.

Jalur selatan Jawa Barat melalui kawasan Nagreg misalnya, pada libur Nataru lalu dilintasi ratusan ribu kendaraan yang bergerak dari arah Cileunyi menuju timur seperti Garut dan Tasikmalaya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Idat Rosana menjelaskan, pergerakan kendaraan yang tercatat di Pos Pantau Dishub Kabupaten Bandung, menunjukkan peningkatan bahkan terjadi sejak tanggal 21 Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Jelang Penutupan Tahun 2020, bank bjb syariah Raih 3 Penghargaan

Baca Juga: Terlengkap! Ini Daftar Lokasi dan Biaya Rapid Test Antigen di Kota Bandung

Baca Juga: Kemendikbud Diminta Prioritaskan Pelaksanaan PJJ di Tengah Pandemi ini

Dari data yang terhimpun, sedikitnya 63.717 kendaraan melintas kawasan Nagreg dari arah Cileunyi, atau meningkat 17% dari hari sebelumnya.

Sementara untuk kendaraan yang bergerak dari arah timur menuju tol Cileunyi, tercatat sebanyak 64.150 kendaraan.

Total pergerakan kendaraan dari dua arah di kawasan Nagreg pada tanggal 21 Desember 2020 sendiri mencapai 127.871 kendaraan, atau meningkat 15% dari hari sebelumnya.

“Untuk puncak volume kendaraan saat Nataru di Nagreg sendiri, terjadi pada tanggal 25 Desember, dimana jumlah kendaraan dari Barat ke Timur mencapai 68.764 sementara dari Timur ke Barat sebanyak 40.511 kendaraan,” jelas Idat ditemui di Posko Terpadu Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Dishub Jabar di Nagreg, Minggu 27 Desember 2020 malam.

Baca Juga: Pengamat Sebut Pandemi Covid-19 Beri Dampak Positif Bagi Dunia Pendidikan

Baca Juga: Viral Karena Disebut Mirip Presiden Jokowi, Ini 4 Potret Imron Gondrong

Baca Juga: Epidemiolog Sebut Varian Baru Virus Corona Belum Masuk Indonesia, Warga Tetap Harus Patuhi 3M

Dishub sendiri, lanjut Idat, mencatat pergerakan kendaraan di kawasan Nagreg, mulai tanggal 19 hingga 27 Desember 2020 pukul 21.00 WIB mencapai 907.505 kendaraan.

Meski begitu, Idat menjelaskan kondisi ini menurun jika dibandingkan dengan periode libur Nataru tahun lalu.

“Selama hampir sepekan terakhir, kami juga mencatat nyaris tidak ada gangguan berarti seperti kepadatan atau kecelakaan. Jika pun ada kepadatan, relatif lebih cepat terurai,” kata Idat.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x