Kasus Covid-19 Naik, Singapura Sangat Anjurkan Kembali Pakai Masker Bagi Masyarakat Juga Wisatawan

- 18 Desember 2023, 14:00 WIB
Singapura.
Singapura. /REUTERS/Edgar Su

PRFMNEWS - Kasus Covid-19 di Singapura terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir, Kementerian Kesehatan (MOH) pun sangat menganjurkan agar masyarakat termasuk wisatawan yang tengah liburan untuk kembali memakai masker.

Anjuran menggunakan masker ini ditekankan bagi orang yang berada di tempat-tempat ramai meskipun mereka tidak sakit, terutama di dalam ruangan atau ketika mengunjungi orang-orang yang rentan menularkan Covid-19.

MOH Singapura sangat menganjurkan masyarakat untuk bertanggung jawab secara pribadi dan sosial, di mana bagi orang-orang yang tidak sehat dengan gejala infeksi saluran pernapasan akut harus tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain.

Baca Juga: Covid-19 di Singapura Meningkat, DPR Minta Masyarakat untuk Tidak Panik Tapi Tetap Waspada

Bagi mereka yang bepergian juga harus mengenakan masker termasuk di bandara, membeli asuransi perjalanan, dan menghindari tempat ramai dengan ventilasi yang buruk.

Menurut data MOH Singapura per Jumat 15 Desember 2023, jumlah kasus Covid-19 di Singapura periode tanggal 3-9 Desember terjadi peningkatan menjadi 56.043 kasus positif Covid-19. Angka ini melonjak 75 persen dibandingkan dengan 32.035 kasus pada minggu sebelumnya.

Rata-rata rawat inap harian akibat Covid-19 meningkat dari 225 menjadi 350 pasien. Rata-rata kasus harian di unit perawatan intensif meningkat dari empat menjadi sembilan. Sebagian besar kasus terinfeksi oleh varian JN.1, subvarian dari BA.2.86.

“Berdasarkan data internasional dan lokal yang tersedia, saat ini tidak ada indikasi jelas bahwa BA.2.86 atau JN.1 lebih mudah menular atau menyebabkan penyakit lebih parah dibandingkan varian lain yang beredar,” demikian pernyataan resmi MOH Singapura dalam rilis medianya, dikutip prfmnews.id dari Channel News Asia, Senin, 18 Desember 2023.

Baca Juga: Giliran Singapura Ikut Protes dan Salahkan Indonesia karena Kabut Asap yang Melintas Antar Negara

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x