Kasus Covid-19 Naik, Pemerintah Malaysia Kembali Imbau Penggunaan Masker

- 18 Desember 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi masker. Pemerintah Malaysia  kembali imbau warganya gunakan masker.
Ilustrasi masker. Pemerintah Malaysia kembali imbau warganya gunakan masker. /Diskominfo Kota Bandung.

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Malaysia Datuk Seri Dzulkefly Ahmad, kembali mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker di luar ruangan khususnya saat berada di tempat keramaian mulai 14 Desember 2023. Hal ini dilakukan menyusul terjadinya kenaikan kasus Covid-19 baru-baru ini di Malaysia.

Menkes Malaysia mengatakan peningkatan kasus Covid-19 ini rentan terjadi pada masa liburan akhir tahun di mana terjadi peningkatan pergerakan orang dan ditambah kondisi cuaca pancaroba yang membuat daya tahan tubuh rentan menurun.

“Ya, kami mengakui adanya lonjakan kasus. Saya memberi tahu Kabinet kemarin untuk memberitahu mereka tentang situasi saat ini,” kata Dzulkefly, dikutip dari Malay Mail, Senin, 18 Desember 2023.

Baca Juga: Covid-19 Naik, Bandara Soekarno Hatta Akan Berlakukan Lagi Anjuran Pakai Masker

“Penting untuk dipahami bahwa peningkatan kasus ini terkait dengan faktor-faktor seperti liburan akhir tahun, mobilitas, dan kondisi cuaca,” imbuh dia.

Meski kasus Covid-19 kembali naik, dia menyebut, situasi di fasilitas kesehatan di Malaysia masih terkendali. Penerimaan pasien masuk ICU akibat terinfeksi Covid-19 hanya mengalami peningkatan tipis sebesar 1,4 persen.

“Di tempat keramaian, sangat penting untuk memakai masker. Bagi individu yang menunjukkan gejala, sangat penting bagi mereka untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dengan memakai masker,” tambahnya.

Kebijakan imbauan penggunaan masker kembali ini dilakukan Dzulkefly setelah Kementerian Kesehatan menerima laporan bahwa kasus Covid-19 di Malaysia meningkat hampir dua kali lipat dalam jangka waktu tujuh hari, bertepatan dengan beberapa minggu sebelum masa liburan dan perayaan akhir tahun 2023.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Jelang Libur Nataru, Jokowi Belum Wajibkan Pakai Masker

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x