Menlu Sebut Pemerintah Mulai Lakukan Evakuasi WNI dari Gaza

- 2 November 2023, 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) menyampaikan keterangan tentang upaya evakuasi WNI dari Gaza, dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (1/11/2023).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) menyampaikan keterangan tentang upaya evakuasi WNI dari Gaza, dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (1/11/2023). /

PRFMNEWS - Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri menyampaikan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Gaza, Palestina kemungkinan akan dilakukan mulai Rabu, 1 November 2023.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan proses evakuasi kemungkinan tidak dapat dilakukan sekaligus, melainkan akan dilakukan secara bertahap.

"Sejak dini hari, kita terus lakukan kontak di lapangan untuk mencoba melakukan evakuasi. Tentunya informasi ini kita sampaikan setelah kita lakukan kontak dengan banyak sekali pihak," ungkap Retno dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Angka Kematian Anak Makin Meningkat, UNICEF Sebut Gaza Berubah Menjadi 'Kuburan Anak-anak'

Dalam melakuan evakuasi terhadap WNI di Gaza, pemerintah akan melakukannya secara bertahap dengan tetap mengedepankan keselamatan.

"(Evakuasi) kemungkinan besar tidak akan dapat dilakukan sekaligus tapi dilakukan bertahap dan dengan mengutamakan keselamatan. Sekali lagi dengan mengutamakan keselamatan," lanjutnya.

Rencananya evakuasi WNI dilakukan tim dari Kairo sudah digerakkan ke titik penyeberangan Rafah yang menjadi perbatasan antara Jalur Gaza dengan Mesir.

Menurutnya, Rafah merupakan satu-satunya pintu keluar yang tersedia untuk dilakukan evakuasi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x